ADVERTISEMENT

Tepis Isu Renggang, Bambang Pacul Ungkap Kedekatan Megawati-Surya Paloh

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 07 Jul 2022 19:46 WIB
Ketua Bapilu PDIP Bambang Wuryanto (Bambang Pacul)
Ketua Bapilu PDIP Bambang Pacul (Eva Safri/detikcom)
Jakarta -

Hubungan Ketua Umum NasDem Surya Paloh dan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri diisukan merenggang setelah heboh 'Partai Sombong'. Elite PDIP Bambang Wuryanto (Bambang Pacul) menepis isu tersebut.

Ketua Bapilu PDIP ini lantas mengungkap kedekatan Megawati dan Surya Paloh sudah terjalin sejak dulu. Bambang Pacul meminta tak ada spekulasi terkait kerenggangan hubungan Megawati-Surya Paloh.

"Pak Surya Paloh dan ibu Ketum ini dulu adalah orang yang sangat dekat. Anda jangan gampang men-justify PDIP, susah. Manusia susah diduga toh. Kau lihat Bambang Pacul berkelahi sama Ganjar habis-habisan, ternyata salam komando," kata Bambang Pacul kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (7/7/2022).

Bambang Pacul mengambil contoh seperti saat mengusung Jokowi sebagai capres. NasDem disebutnya yang pertama kali ikut PDIP mengusung Jokowi, sehingga ambang batas PDIP mengusung capres terpenuhi.

"Kan sejarahnya ketika mencalonkan Jokowi barengan. Jangan salah. Barengan itu. Pak Surya Paloh menutup kekurangan PDIP yang sedikit untuk mendukung Pak Jokowi. Itu pak Sura Paloh yang pertama. Itu sejarah, lo. Pak Surya Paloh. NasDem maksudnya," ujarnya.

Pertanyaan lantas menyambung apakah kerja sama NasDem-PDIP akan berlanjut pada 2024. Bambang Pacul menjawab hal itu tergantung chemistry.

"Dikau jangan terlalu gampang, misal, ketika terjadi Pileg, Pilpres 2019, Pak Jokowi rising bertanding dengan Pak Prabowo. Begitu selesai, Pak Prabowo dirangkul Menhan, piye kowe? Kenapa? Karena chemistry, dari awal Pak Jokowi dengan Pak Prabowo oke," ujarnya.

"Jadi kalau soal chemistry apakah Bu Mega dengan Pak Surya saya nggak tahu. Tapi dikau harus paham bahwa pernah terjadi kerja sama," lanjut Bambang Pacul.

Bambang Pacul mengatakan PDIP tidak tutup pintu kerja sama dengan partai lain. Kecuali, partai yang memiliki ideologi berbeda.

"Dalam politik nggak ada tutup menutup. Kecuali kalau ibu, ring apa ya, ideologinya jauh," ucapnya.

Surya Paloh Buka Suara Hubungan degan Mega

Sebelumnya, Surya Paloh buka suara terkait isu hubungan dengan Megawati yang renggang. Surya Paloh siap berkomunikasi dengan Megawati.

Surya Paloh menceritakan hal ini dalam program 'The Politician' di CNN Indonesia TV seperti dikutip pada Selasa (5/7/2022). Surya Paloh ditanyai pembawa acara soal komunikasi dengan Megawati yang terlihat belum terjalin.

"Karena ini pertanyaan saya pikir selalu ditanyakan kepada saya. Saya sih siap aja berkomunikasi apa aja. Tapi yang harus Anda tanyakan pada Mbak Mega, Mbak Mega mau berkomunikasi apa nggak, Mbak Mega suka berkomunikasi apa nggak, Mbak Mega merasa ada miskomunikasi atau nggak?" kata Surya Paloh yang merasa pertanyaan ini tidak adil karena selalu ditanyakan kepadanya.

Lihat juga video 'PDIP Hampir Pasti Gandeng Parpol Lain di Pemilu, Dengan Siapa?':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/dek)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT