ADVERTISEMENT

Lili Pintauli Absen Sidang Etik Malah ke Bali Tuai Kritik di Sana-sini

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 07 Jul 2022 07:06 WIB
Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar saat menerima rombongan finalis Puteri Indonesia di gedung KPK, Jakarta Selatan, Selasa (24/5/2022).
Lili Pintauli Siregar (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar absen dalam sidang etik di Dewan Pengawas (Dewas) KPK karena mengikuti putaran kedua G20 Anti Corruption Working Group (ACWG) 2022 di Bali. Hal ini pun menuai banyak kritikan dari berbagai pihak.

Lili diketahui seharusnya hadir dalam sidang etik di Dewas KPK pada Selasa (5/7) kemarin. Namun sidang ini ditunda lantaran ketidakhadiran Lili.

KPK buka suara terkait penundaan sidang etik Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar. Lili absen di sidang etik lantaran harus menjadi narasumber dalam rangkaian acara putaran kedua G20 ACWG 2022 di Bali.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri menjelaskan tiga pimpinan KPK sedang melaksanakan penugasan dinas untuk menjadi narasumber dalam acara G20 ACWG di Bali sejak Senin (4/6). Ali mengatakan agenda itu telah terjadwalkan sejak awal 2022.

"Sejak Senin (4/7), tiga pimpinan KPK melaksanakan penugasan dinas untuk memberikan keynote speech dan menjadi narsum dalam berbagai rangkaian pertemuan putaran kedua G20 Anti-Corruption Working Gorup (ACWG) yang digelar di Bali," kata Ali kepada wartawan, Rabu (5/7/2022).

"Agenda ini telah terjadwalkan sejak awal tahun, di mana Indonesia mulai memegang Presidensi G20 tahun 2022, yang tentu juga melibatkan berbagai stakeholders, baik regional, nasional, maupun internasional," sambungnya.

Ali kemudian mengatakan majelis etik yang juga sebagai Dewas KPK telah menerima surat resmi dari pimpinan KPK. Surat itu memberitahukan Lili yang sedang menjalankan dinas sehingga tidak dapat menghadiri sidang etik.

"Pada persidangan kemarin (6/7), terperiksa tidak dapat hadir dan Majelis Etik telah menerima surat secara resmi dari pimpinan KPK yang memberitahukan bahwa terperiksa saat ini sedang menjalankan penugasan dinas," jelas Ali.

Atas dasar tersebut, sidang etik Lili ditunda dan dilanjutkan pada Senin, 11 Juli mendatang. Lili akan dipanggil kembali untuk menghadiri persidangan.

"Atas dasar pemberitahuan tersebut Majelis sidang menunda persidangan untuk dilanjutkan kembali pada hari Senin, 11 Juli 2022 pukul 10.00 WIB, dengan terperiksa akan dipanggil kembali untuk hadir di persidangan," terang Ali.

Lebih lanjut, Ali mengatakan urgensi pertemuan Lili bersama pimpinan KPK yang lain dalam acara G20 ACWG di Bali sangat penting. Menurutnya, acara itu memberikan kesempatan bagi KPK untuk memberikan kontribusi terhadap pemberantasan korupsi.

Kritikan terhadap Lili datang dari berbagai pihak, simak halaman selanjutnya

Simak Video: Komisi III Yakin Dewas KPK Tangani Kasus Lili Pintauli Hingga Tuntas

[Gambas:Video 20detik]






ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT