ADVERTISEMENT

Polisi Ringkus Komplotan Pencuri Kerbau Jelang Idul Adha di Serang

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Rabu, 06 Jul 2022 17:14 WIB
Polisi Tangkap Pencuri Kerbau Jelang Idul Adha di Serang
Polisi Tangkap Pencuri Kerbau Jelang Idul Adha di Serang (Foto: Dok Istimewa)
Jakarta -

Kelompok spesialis pencuri kerbau di Kabupaten Serang ditangkap tim Resmob Polres Serang. Kelompok ini ditangkap usai mencuri 2 kerbau milik warga di Kecamatan Kibin menggunakan truk menjelang hari raya Idul Adha.

Pelaku berinisial SY (31), IS (49), dan AN (49) yang merupakan warga Kabupaten Pandeglang dan EM (40) serta SU alias Kiwong (38) warga Kabupaten Lebak. Kelimanya diamankan pada Rabu (6/7/2022) dini hari.

Kapolres Serang AKBP Yudha Satria mengatakan penangkapan para tersangka dilakukan karena ada laporan warga yang dua kerbaunya hilang. Dari ciri-cirinya, mereka menggunakan mobil truk.

Tim kemudian melakukan pengejaran dan mencurigai sebuah truk di Jalan Raya Gorda, Serang. Saat diberhentikan, dua orang malah melarikan diri ke persawahan lalu dilumpuhkan oleh anggota.

"Kedua pelaku yang diketahui bernama EM dan SU dilakukan tindakan tegas dan terukur, setelah berhasil ditangkap, kelima pelaku langsung diamankan," kata Yudha Satria.

Dari hasil pemeriksaan, dua pelaku itu rupanya residivis dan spesialis pencuri kerbau. Mereka, termasuk tiga orang lainnya, sudah melakukan pencurian sebanyak lima kali di Kabupaten Serang.

"Para pelaku mengakui sudah 5 kali melakukan pencurian hewan ternak di wilayah hukum Polres Serang," ujarnya.

Berdasarkan pengakuan pelaku, kerbau itu biasa dijual di Tangerang karena ada penadahnya. Satu kerbau mereka jual seharga Rp 8 juta atau lebih sesuai ukuran.

"Untuk harga satu ekor kerbau curian tergantung dari ukuran. Untuk kerbau berukuran besar, dihargai sekitar Rp 8 juta, " jelasnya.

Simak juga 'Jelang Idul Adha Harga Cabai Hingga Bawang di Tasikmalaya Meroket':

[Gambas:Video 20detik]



(bri/knv)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT