ADVERTISEMENT

Keluarga Matulessy Pulau Haruku: Klaim Pattimura Ahmad Lussy Itu Hoax!

Danu Damarjati - detikNews
Rabu, 06 Jul 2022 16:56 WIB
Patung Pattimura
Patung Pattimura (Afif/detikTravel)

Catatan sejarawan

Sejarawan IO Nanulaita dalam buku 'Kapitan Pattimura' menjelaskan catatan arus utama mengenai Thomas Matulessy yang menjadi Pahlawan Nasional itu. Meski ada perbedaan dengan keterangan Thomas Matulessy dari Hulualiu Pulau Haruku, catatan Nanulaita sama-sama tidak membenarkan bahwa Kapitan Pattimura bernama asli Ahmad Lussy dan beragama Islam.

Di buku itu, tertulis bahwa leluhur keluarga Matulessia berasal dari Pulau Seram (sekarang Provinsi Maluku). Leluhur Matulessia kemudian berpindah ke Haturessi (sekarang Negeri Hulaliu). Kemudian, seorang moyang Thomas Matulessy berpindah ke Titawaka (sekarang Negeri Itawaka). Di antara keturunannya ada yang menetap di Itawaka dan ada yang berpindah ke Ulath, ada yang kembali menetap di Hulaliu, dan ada yang berpindah ke Haria.

Keturunan di Haria inilah yang menurunkan ayah dari Thomas Matulessy, yakni Frans Matulessia/Matulessy. Ibu Thomas berasal dari Siri Sori Serani.

Thomas Matulessy punya satu saudara kandung, yakni Johannis Thomas. Thomas tidak kawin dan tidak berketurunan, sedangkan Johannis menurunkan keluarga Matulessy yang sekarang berdiam di Haria. Ahli waris yang memegang surat pengangkatan Kapitan Pattimura sebagai pahlawan nasional selepas Indonesia merdeka.

Dituliskan Nanulita, keluarga Matulessia beragama Kristen Protestan. Nama Johannis dan Thomas diambil dari Alkitab. Demikianlah keterangan di buku terbitan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional, Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Sejarah Nasional, Jakarta, tahun 1985.


(dnu/tor)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT