ADVERTISEMENT

Keluarga Matulessy Pulau Haruku: Klaim Pattimura Ahmad Lussy Itu Hoax!

Danu Damarjati - detikNews
Rabu, 06 Jul 2022 16:56 WIB
Patung Pattimura
Patung Pattimura (Afif/detikTravel)
Jakarta -

Klaim bahwa Kapitan Pattimura bernama asli Ahmad Lussy sempat viral dan menjadi trending topic di Twitter. Padahal selama ini, Kapitan Pattimura dikenal sebagai Thomas Matulessy. Keluarga keturunan Thomas Matulessy dari Pulau Haruku, Provinsi Maluku, membantah klaim bahwa Pattimura adalah Ahmad Lussy.

"Itu hoax sejarah," kata Thomas Matulessy kepada detikcom, Rabu (6/7/2022).

Thomas Matulessy mengaku sebagai keturunan Thomas Matulessy yang hidup di abad 18-19, sosok yang dikenal sebagai Kapitan Pattimura dan tewas di tiang gantungan Belanda, kemudian ditetapkan Indonesia sebagai pahlawan nasional.

"Saya adalah generasi ke-6 dari Thomas Matulessy," kata Thomas, pria kelahiran Hulaliu, Pulau Haruku, tahun 1957, dan sekarang tinggal di Ambon. Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Indonesia (IKPN) menghubungkan detikcom dengan keluarga Thomas Matulessy ini.

Thomas sendiri dinamai persis oleh orang tuanya dengan nama asli Kapitan Pattimura agar mengenang nenek moyangnya. Meski begitu, keluarga Thomas belum diakui negara sebagai keluarga ahli waris pahlawan nasional Kapitan Pattimura. Soalnya selama ini, Kapitan Pattimura disimpulkan tidak punya keturunan dan gugur di tangan Belanda pada usia 34 tahun. Keluarga ahli waris Kapitan Pattimura yang diakui negara berasal dari keturunan saudara kandung Kapitan Pattimura.

Thomas Matulessy (Dok Istimewa)Thomas Matulessy (Dok Istimewa)

Kembali ke soal klaim yang menyatakan nama asli Kapitan Pattimura adalah Ahmad Lussy, klaim ini disampaikan oleh Ustaz Adi Hidayat. Ustaz itu juga bilang Kapitan Pattimura beragama Islam, senada dengan klaim sejarawan Profesor Ahmad Mansur Suryanegara dalam buku 'Api Sejarah'.

"Katanya ditulis profesor, tapi profesor kalau tidak bikin penelitiannya itu hoax juga. Saya menganggap itu adalah cerita dongeng yang tidak berdasar. Sejarah itu kan harus berdasar fakta masa lampau yang benar," kata Thomas.

Dia mengatakan Kapitan Pattimura atau Thomas Matulessy adalah anak Corneles dan Petrosina Noya. "Beragama Kristen Protestan," kata dia.

Pada 2018, keluarga keturunan Matulessy mengadakan pertemuan. Keluarga marga Lussy juga hadir. Thomas mengaku bertemu dengan keluarga Ahmad Lussy.

"Saya sama-sama duduk dengan ahli waris, ada juga keturunan Ahmad Lussy. Dia tidak punya data apa-apa karena memang tidak ada peran Ahmad Lussy yang bisa diceritakan. Tidak ada yang kenal Ahmad Lussy," kata Thomas.

Selanjutnya, catatan sejarawan:

Simak juga Video: Resa Boenard Si 'Princess Bantar Gebang'

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT