ADVERTISEMENT

Penjelasan KPK soal Lili Pintauli di Bali dan Absen Sidang Etik Dewas

Nahda Rizki Utami - detikNews
Rabu, 06 Jul 2022 14:56 WIB
Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar saat menerima rombongan finalis Puteri Indonesia di gedung KPK, Jakarta Selatan, Selasa (24/5/2022).
Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar (Andhika Prasetia/detikcom)

Menurutnya, Lili harus menghadiri sidang etik bukan ikut acara G20 ACWG di Bali.

"Pertanyaannya adalah kenapa itu sudah dijadwalkan kemudian kok Dewasnya malah bikin jadwal yang bentrok. Artinya Pimpinan KPK saat ini dengan Dewas nggak ada koordinasi," jelas Saut.

"Inikan acara penting dua-duanya. Yang Bali-nya cukup penting karena menyangkut nama baik Indonesia, yang sidang Dewasnya juga penting. Malah kalau diminta memilih atau merekomendasikan, saya malah berkata LPS itu harus hadir di Dewas KPK dulu," sambungnya.

Wakil Ketua KPK periode 2015-2019, Saut SitumorangWakil Ketua KPK periode 2015-2019, Saut Situmorang (Usman Hadi/detikcom)

Sementara itu, peneliti Pukat UGM Zaenur Rohman menyorot marwah Dewan Pengawas (Dewas) KPK usai Lili absen di sidang etik. Zaenur mengatakan absennya Lili dalam persidangan seharusnya bukan menjadi halangan Dewas untuk melanjutkan sidang.

"Menurut saya penyebab utamanya karena Lili tidak kooperatif ya, dan Lili tidak kooperatif itu seharusnya bukan menjadi halangan bagi Dewas untuk melanjutkan sidang. Pada intinya bagi saya adalah bahwa ketidakhadiran Lili itu seharusnya tidak bisa menjadi alasan pembatalan sidang," kata Zaenur.


(aud/aud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT