ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Apakah SDN Pancoranmas 3 Depok Bakal Diperbaiki di Masa Libur Sekolah?

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 06 Jul 2022 11:19 WIB
SDN Pancoranmas 3 Depok masih porak-poranda, 23 Juni 2022. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
SDN Pancoranmas 3 Depok masih porak-poranda, 23 Juni 2022. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
Jakarta -

Atap Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pancoranmas 3, Kota Depok, masih ambruk dan belum diperbaiki. Akankah perbaikan dilakukan selama masa liburan?

Harapan perbaikan di masa liburan diutarakan oleh Kepala Sekolah SDN Pancoranmas 3, Yudhi Syahwaludi. Libur sekolah di Depok, dilaksanakan pada 27 Juni hingga 18 Juli 2022.

"Iya (berharap perbaikan kelas dilakukan saat libur sekolah), kita sih pengennya seperti itu. Karena nanti kan di ajaran baru itu sudah berjalan, karena kita menerima PPDP ini sekarang 4 rombel, 4 kelas," kata Yudhi Syahwaludi, saat dihubungi, Senin (27/6).

"Karena mungkin bertepatan dengan liburan sekolah nih, mungkin bisa mereka (Rumkim dan Disdik) evakuasi gitu," ujarnya.

Yudhi bercerita Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) serta Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok sudah datang mengecek di awal Juni lalu.

Menurutnya, Disrumkim dan Disdik sudah mencatat kebutuhan perbaikan yang diperlukan supaya dua kelas yang atapnya ambruk itu dapat digunakan siswa kembali. Perbaikan sekolah akan menggunakan biaya tidak terduga (BTT) Kota Depok.

"Tim dari Rumkim terus dari Disdik juga sudah evakuasi, jadi sudah terjun ke lapangan dan sudah menganalisis semua, apa-apa aja kebutuhan yang harus diganti seperti itu. Mereka itu bekerja keraslah," tuturnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri mengatakan perlu beberapa tahapan untuk perbaikan. Dia tidak bisa memastikan waktu pelaksanaan perbaikan.

"Prinsipnya kita, apa pun itu penginnya dipercepat, cuma kan segala sesuatu ada prosedurnya," papar Supian Suri saat ditemui di Pasar Kemiri Muka, Selasa (5/7).

Supian mengatakan, jika perbaikan atap sekolah tersebut menggunakan BTT, kemungkinan perbaikan dilakukan tahun ini. Namun, dia akan memastikan lebih dulu apakah perbaikan memakai mekanisme lelang atau penunjukan langsung.

"Kalau penunjukan langsung artinya di bawah 200 juta artinya bisa cepat tapi kalau di atas situ mekanisme lelang yang harus kita ikuti itu butuh waktu lagi," kata Supian.

"Apakah ini masuknya lelang atau penunjukan langsung. Kalau penunjukan langsung artinya di bawah Rp 200 juta artinya bisa cepat, tapi kalau di atas situ mekanisme lelang yang harus kita ikuti itu butuh waktu lagi," sambungnya.

Menurut Supian, ada beberapa pertimbangan mengapa perbaikan SD Pancoranmas 3 Depok tak kunjung diperbaiki. Ia tak ingin perbaikan cepat tetapi mengalami kerusakan yang sama.

"Karena kita khawatir ambruk, kalau kita kejar hari ini, bangun itu dengan dana BTT (semisal) uangnya nggak cukup. Akhirnya bangunnya juga nanggung. Jadi lebih baik kita agak mundur waktunya tapi kita bisa bangun yang lebih besar yang lebih permanen, lebih bisa bermanfaat," tandasnya.

Simak juga 'Memasuki Libur Panjang Sekolah, Stasiun Pasar Senen Ramai Penumpang':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/dnu)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT