ADVERTISEMENT

Anies soal Renovasi Gedung Wayang Orang di Senen: Segera Dilakukan

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 05 Jul 2022 23:56 WIB
Gedung Wayang Orang Bharata di Senen
Gedung Wayang Orang di Senen (Foto: Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana merenovasi Gedung Wayang Orang Bharata di Senen, Jakarta Pusat. Anies menargetkan renovasi itu rampung sebelum akhir tahun 2022 ini.

Hal itu disampaikan Anies saat memberikan sambutan dalam Pagelaran Wayang Orang Bharata Karya Anak Panggung dengan lakon 'Gatutkaca' dalam peringatan HUT ke-50 pada Selasa (5/7/2022) malam. Anies berharap pemugaran gedung itu selesai sebelum akhir tahun 2022 ini.

"Mudah-mudahan sebelum akhir tahun kita sudah bisa menyaksikan tempat yang baru di tempat ini," kata Anies.

Anies juga membeberkan nantinya gedung itu bakal dilengkapi dengan teknologi hingga fasilitas yang menyesuaikan era baru. Harapannya, mendukung para seniman wayang orang dalam berkarya.

"Insyaallah renovasinya segera dilakukan dan kami berharap renovasi ini juga mencerminkan era 2022. Teknologinya, fasilitasnya, cara pengelolaannya. Itu semua mencerminkan era baru," ucapnya.

"Kami di DKI Jakarta insyaallah akan terus mendukung," sambungnya.

Gedung tua itu memiliki sebuah panggung berukuran 12x10 meter serta memiliki kapasitas sekitar 280 kursi penonton di bagian atas dan bawah. Pantauan detikcom di lokasi, kondisi sandaran tangan di sejumlah kursi yang berbahan kayu mulai lapuk.

Selain itu, gedung Wayang Orang Bharata juga dilengkapi oleh sejumlah fasilitas lainnya. Seperti ruang rias, ruang ganti, lobi hingga tiket box.

Sebelumnya diberitakan, Anies Baswedan berjanji merenovasi Gedung Wayang Orang Bharata di Senen, Jakarta Pusat. Dia menjanjikan anggaran Rp 7 miliar untuk renovasi.

"Insyaallah kami dukung renovasinya nanti dialokasikan sekitar Rp 7 miliar untuk bangun tempat ini," kata Anies melalui keterangan tertulis, Jumat (10/6).

Selengkapnya pada halaman berikut.

Simak juga Video: Wayang dari Ranting Daun Singkong, Upaya Lestarikan Kesenian

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT