ADVERTISEMENT

Anies Janjikan Rp 7 Miliar untuk Renovasi Gedung Wayang Orang di Senen

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 10 Jun 2022 09:43 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Anies Baswedan (Foto: Wilda/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjanji merenovasi Gedung Wayang Orang Bharata di Senen, Jakarta Pusat. Dia menjanjikan anggaran Rp 7 miliar untuk renovasi.

"Insyaallah kami dukung renovasinya nanti dialokasikan sekitar Rp 7 miliar untuk bangun tempat ini," kata Anies melalui keterangan tertulis, Jumat (10/6/2022).

Anies mengatakan renovasi tersebut merupakan upaya memajukan kebudayaan. Dia berharap lokasi ini menjadi rujukan masyarakat ketika mengisi waktu luang.

"Wayang Orang Bharata ini sudah legenda dan menjadi bagian dari cerita Jakarta dan ini bagian dari ikhtiar kita untuk mengembangkan kebudayaan," ujarnya.

Anies mengapresiasi Wayang Orang Bharata sebagai bagian dari kebudayaan di Jakarta yang telah bertahan setengah abad. Dia berharap Wayang Bharata terus melakukan regenerasi seniman.

"Kita salut sekali karena telah menghibahkan waktu dan tenaga untuk menjaga, merawat dan mengembangkan budaya kita. Dan tentu terima kasih kepada para orang tuanya yang membuat mereka berminat dengan kesenian wayang orang" ucapnya.

Anies mengatakan tiap jenis wayang memiliki keunggulan masing-masing. Dia menyebut wayang bukan hanya tontonan yang menghibur masyarakat, tetapi juga memberikan tuntunan nilai-nilai kehidupan.

"Kekuatan dari wayang ini adalah ada banyak aktor dan karakter di situ. Dan kita ditunjukkan dengan berbagai macam jenis karakter, yang kita bisa membaca dan ingin menjadi karakter yang ada dalam wayang tersebut," jelasnya.

"Di sinilah letak uniknya wayang bukan hanya sebagai tontonan, tetapi juga sebagai tuntunan. Ini sebuah kombinasi yang luar biasa dan harus kita jaga bersama-sama," tambahnya.

Dia menegaskan Pemprov DKI memiliki tanggung jawab besar untuk terlibat dalam menjaga sebuah produk kebudayaan. Sehingga, kebudayaan tersebut bukan hanya lestari, tetapi dapat terus berkembang.

"Kami usul pelestarian dilakukan, pengembangannya juga dilakukan. Sehingga dengan begitu budaya mengalami pertumbuhan terus menerus mengikuti tantangan zaman," ujarnya.

Selain kegiatan renovasi, Pemprov DKI bakal mendukung kegiatan pentas 50 tahun Wayang Orang Bharata pada 5 Juli 2022 mendatang. Pentas itu disponsori oleh BUMD DKI Jakarta.

Simak juga 'Anies Resmikan Jakarta Fair 2022: Alhamdulillah Setelah 2 Tahun Absen':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT