ADVERTISEMENT

Anggota KIB Ngaku Sudah Ajak Demokrat Gabung, tapi...

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Selasa, 05 Jul 2022 19:35 WIB
Logo Partai Demokrat.
Ilustrasi Logo Demokrat (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Partai Demokrat disebut pernah diajak bergabung ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). PPP mengaku sebagai parpol yang mengajak Demokrat bergabung setelah KIB dideklarasikan.

"Ya sebenarnya PPP juga pernah ketemu dengan Demokrat setelah KIB (dideklarasikan). Iya, mengajak masuk ke KIB," kata elite PPP Achmad Baidowi kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (5/7/2022).

Demokrat pun diharapkan menerima ajakan PPP bergabung ke KIB. Tujuannya, sebut Baidowi, agar KIB makin kuat.

"Ya kita komunikasi, terbuka, dan kalau bisa masuk ke KIB, sehingga bisa semakin kuat. Kalau bisa bersama, kenapa harus terpisah," ujarnya.

Setelah ajakan itu disampaikan, PPP menganggap tak ada yang istimewa jika Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bertemu elite Golkar. Namun Baidowi enggan mengungkap jawaban Demokrat saat diajak bergabung ke KIB.

"Artinya, kalau hari ini AHY ketemu dengan Golkar tuh biasa saja, karena petinggi kami juga sudah pernah ketemu. Ya hasilnya tidak perlu dipublikasikan," ujar politikus yang dikenal dengan nama panggilan Awiek itu.

Lebih jauh Awiek menuturkan PPP menghormati syarat Demokrat saat diajak gabung ke KIB. Awiek tak menampik bahwa saat diajak gabung ke KIB, Demokrat mensyaratkan AHY jadi capres.

"Ya kita hormati saja. Kalau di KIB tanpa syarat. Di KIB saja kita nggak ada bahas capres," katanya.

Lihat juga video 'Tak Hanya di Pilpres, KIB Klaim Bakal Langgeng hingga Pilkada':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT