ADVERTISEMENT

Golkar: Mustahil Tinggalkan KIB untuk Koalisi dengan Demokrat!

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 05 Jul 2022 16:10 WIB
Ace Hasan Syadzily
Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Partai Demokrat (PD) merayu Partai Golkar untuk menjalin kerja sama menyongsong Pilpres 2024. Golkar menyatakan mustahil meninggalkan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) demi berkoalisi dengan Partai Demokrat.

"Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) sudah melakukan konsolidasi secara masif hingga ke akar rumput. Kami, Partai Golkar, PAN, dan PPP semakin kuat sampai ke daerah-daerah. Ketiga partai sudah deklarasi menyatakan koalisi hingga setiap provinsi dan kabupaten dan kota," kata Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Selasa (5/7/2022).


"Kita terus melakukan konsolidasi hingga ke akar rumput. Kami memperkuat KIB bukan hanya ditingkat elite nasional," lanjut Ace.

Meski begitu, Ace mengatakan KIB tetap terbuka jika ada partai lain ingin bergabung. Menurutnya, Golkar tidak akan meninggalkan KIB, yang saat ini koalisinya sudah terjalin.

"Namun, bukan berarti kami tidak membuka diri bagi partai lain untuk bergabung ke dalam KIB. Jadi, kami masih terbuka bagi Partai Demokrat untuk bergabung dengan KIB tanpa meninggalkan PAN dan PPP yang sudah bersama-sama melakukan konsolidasi hingga ke daerah," ujarnya.

Oleh sebab itu, menurut Ace mustahil Golkar meninggalkan KIB untuk membangun koalisi dengan Demokrat. "Jadi rasa-rasanya kami mustahil membangun koalisi sendiri bersama Demokrat dengan meninggalkan KIB yang diinisiasi bersama ketiga partai," ucapnya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Saksikan juga 'PAN: Ada Partai yang Dilirik KIB, Masih 50:50 Bergabung atau Tidak':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT