ADVERTISEMENT

Anies Ajak Pemimpin Kota-kota di RI Susun Solusi Hadapi Perubahan Iklim

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 05 Jul 2022 11:48 WIB
Anies buka turnamen layangan (Anggi-detikcom)
Foto: Anies buka turnamen layangan (Anggi-detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bicara soal tantangan perubahan iklim yang dihadapi Indonesia. Dia mengajak para pemimpin kota-kota di Indonesia untuk menyusun solusi menghadapi perubahan iklim global.

Hal ini disampaikan Anies melalui rekaman video saat membuka Diskusi Peningkatan Kapasitas Dalam Rangka Implementasi Pengendalian Dampak Bencana Iklim Kota-Kota di Indonesia pada Selasa (5/7/2022).

"Kami mengajak kepada semua para pemimpin kota, wali kota, pimpinan pemerintahan kota untuk menyusun solusi untuk menghadapi ketegangan, perubahan iklim global," kata Anies.

Anies kemudian menjelaskan sejumlah tantangan global yang dihadapi Indonesia dan negara lain. Dia mengatakan salah satu tantangan itu ialah menciptakan pembangunan kota berkelanjutan.

"Seperti yang kita pahami, saat ini kita menghadapi tantangan global yang bergeser ke arah masa depan yang inklusif, ke arah berkelanjutan, yang mencakup inisiatif dalam mengembangkan kota yang tangguh, yang maju secara digital, yang berkelanjutan, dan layak huni," ujarnya.

Anies yang juga bertindak sebagai Wakil Ketua Komite Pengarah C40 Cities menyatakan Jakarta berkomitmen mewujudkan kota berkelanjutan. Dia mengajak pemimpin daerah bersinergi melakukan pengembangan bisnis dan investasi.

"Mari sama-sama kolaborasi untuk mengembangkan berbagai kerja sama bisnis dan investasi untuk menjaga inklusifitas keragaman dan pembangunan berkelanjutan yang akuntabel," ucapnya.

"Harapannya, pusat ekonomi dan kota megapolitan ini akan bisa ikut berkontribusi langsung pada pertumbuhan nasional, pada kegiatan global, tanpa meninggalkan isu lingkungan," sambung Anies.

Selain jajaran Pemprov DKI, acara hari ini juga dihadiri oleh perwakilan masing-masing pemerintah daerah di Indonesia. Anies berharap forum ini dijadikan tempat bertukar pikiran dan mengimplementasikan kesepakatan dalam forum ini di wilayahnya masing-masing.

"Semoga semua peserta yang mengikuti kegiatan ini bisa mendapatkan pemahaman yang sama terkait perubahan iklim, bisa saling bertukar pengalaman dan bisa menjadi bekal untuk mengimplementasikan hasilnya di daerah kira masing-masing," pungkas Anies.

(taa/haf)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT