ADVERTISEMENT

KSAU Cerita Kaitan Erat Maluku dan Pengabdian TNI AU

M Hanafi Aryan - detikNews
Selasa, 05 Jul 2022 11:01 WIB
KSAU Marsekal Fadjar (tengah)/Hanafi-detikcom
Foto: KSAU Marsekal Fadjar (tengah)/Hanafi-detikcom

Dia juga mengajak warga untuk mengingat lagi sejarah perjuangan TNI AU. Khususnya pada peristiwa 75 tahun lalu.

Pada 29 Juli 1947 di Yogyakarta, kata Fadjar, satu pesawat TNI AU Dakota VT-CLA yang membawa perlengkapan medis bagi masyarakat Indonesia ditembak jatuh oleh Belanda. Akibatnya, seluruh awak pesawat gugur.

"Ketika pesawat Dakota VT-CLA yang membawa obat-obatan dan alat kesehatan bagi masyarakat Indonesia, ditembak jatuh musuh, sehingga seluruh awak pesawat, para pendahulu TNI Angkatan Udara, gugur sebagai kusuma bangsa," ujarnya.

Tanggal 29 Juli kemudian ditetapkan sebagai Hari Bakti TNI AU untuk memperingati kejadian ditembaknya pesawat Dakota VT-CLA.

"Sejak saat itu hingga sekarang, peristiwa itu kita peringati sebagai Hari Bakti TNI Angkatan Udara," ujar Fadjar.

Fadjar mengajak masyarakat mengenang peristiwa itu untuk meningkatkan semangat pengabdian terhadap Indonesia. Salah satunya, Fadjar menyinggung soal pemulihan ekonomi dari Pandemi COVID-19.

"Sebagai generasi penerus, kita mengenang peristiwa ini untuk terus menumbuhkan semangat pengabdian, dalam melanjutkan perjuangan mengisi kemerdekaan Indonesia," tuturnya.

"Terlebih lagi, seiring pemulihan ekonomi nasional dari pandemi COVID-19, kita harus bangkit dan bersatu sebagai satu bangsa, dengan sinergi dan kerja sama untuk membangun Indonesia," sambung Fadjar.


(haf/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT