ADVERTISEMENT

KSAU Bertemu Raja Kei di Maluku Tenggara, Bahas Potensi Wisata-Dirgantara

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Senin, 04 Jul 2022 19:22 WIB
KSAU bertemu Raja Kei di Maluku Tenggara
KSAU bertemu dengan Raja Kei di Maluku Tenggara (Muhammad Hanafi Aryan/detikcom)
Ngiarwarat -

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo mengunjungi kawasan wisata baru di pantai Ngiarwarat, di Pulau Kei Kecil, Maluku Tenggara. Kawasan baru itu diberi nama 'Wisata Fadjar' sesuai dengan namanya.

Dalam sambutannya, Fadjar Prasetyo mengaku merasa punya tanggung jawab atas Wisata Fadjar tersebut. Pasalnya, kawasan tersebut baru saja diresmikan saat kunjungannya ke Maluku.

"Saya mengucapkan selamat atas pembukaan tempat wisata ini, dan saya sangat-sangat merasa terhormat, dengan diberikannya nama 'Fadjar' di sini," kata Marsekal Fadjar Prasetyo di Pantai Ngiarwarat, Maluku Tenggara, Senin (4/7/2022).

"Dan tentunya juga menjadi tanggung jawab saya untuk mengembangkan objek wisata (Fadjar) ini," sambungnya.

Selain itu, tambah Fadjar, selaku Pimpinan tertinggi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU), dia merasa memiliki tanggung jawab dalam pengembangan potensi dirgantara. Menurutnya, TNI AU saat ini tidak hanya melakukan kegiatan-kegiatan militer, tapi juga ada yang bersifat keolahragaan dan pariwisata.

"TNI AU juga bertanggung jawab mengembangkan potensi dirgantara. Oleh karena itu, kami mengajak masyarakat untuk lebih mengenal TNI AU. Kita memiliki kegiatan-kegiatan yang tidak melulu bersifat militer, tetapi bersifat olahraga dan wisata," ujar Fadjar.

Dalam kesempatan itu, selaku Pimpinan Tertinggi TNI AU Fadjar mengapresiasi peran para pejabat hingga tokoh adat Maluku Tenggara terhadap TNI AU. Fadjar menyinggung peran masyarakat Maluku semasa Operasi Trikora.

"Lapangan udara di wilayah ini punya peran besar khususnya Operasi Trikora, peran masyarakat di sini sangat besar, kegiatan Operasional TNI AU sejak lama," kata Fadjar.

"Oleh karena itu, saya secara pribadi dan secara atas nama Dinas mengucapkan terima kasih, kepada Bapak Bupati, Raja-raja, para tokoh agama, atas dukungan dan support-nya selama ini kepada TNI, khususnya TNI AU," imbuhnya.

Kawasan Wisata 'Fadjar'

Bupati Maluku Tenggara M Thaher Hanubun sejatinya berniat menggunakan nama 'Fadjar' jadi nama kawasan wisata di Pantai Ngiarwarat. Dalam sambutannya, M Thaher meminta izin kepada para Raja Kei yang hadir dalam peresmian Wisata Fadjar.

"Ini atas seizin masyarakat, saya akan memberikan nama bahwa tempat 'Wisata Fadjar,'" kata Bupati Maluku Tenggara Taher di Pantai Ngiarwarat, Pulau Kei Kecil, Maluku Tenggara, Senin (4/7).

Kawasan itu masih belum terjamah oleh wisatawan mana pun. Karena itu, penggunaan nama Fadjar diharapkan dapat membawa perubahan bagi pariwisata Maluku Tenggara.

"Tempat ini, bahwa belum terbuka, masih tertutup. Dan ini hanya terbuka, Fadjar datang, mudah-mudahan terbit Fadjar dari sini. Mudah-mudahan pariwisata Maluku Tenggara insyaallah akan lebih baik lagi pada waktu-waktu yang akan datang," lanjutnya.

Lihat juga video 'Resmikan Koopsudnas, KSAU: Optimalkan Pertahanan Udara NKRI':

[Gambas:Video 20detik]

(maa/maa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT