ADVERTISEMENT

KSAU Cerita Kaitan Erat Maluku dan Pengabdian TNI AU

M Hanafi Aryan - detikNews
Selasa, 05 Jul 2022 11:01 WIB
KSAU Marsekal Fadjar (tengah)/Hanafi-detikcom
Foto: KSAU Marsekal Fadjar (tengah)/Hanafi-detikcom
Ambon -

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo mengajak semua pihak mengenang sejarah Hari Bakti TNI AU yang diperingati setiap 29 Juli. Fadjar juga bercerita kaitan erat Maluku dengan pengabdian TNI AU.

"Berkaitan dengan sejarah peringatan Hari Bakti TNI Angkatan Udara, Provinsi Maluku pun memiliki kaitan erat dengan sejarah awal pengabdian TNI Angkatan Udara," ucap Fadjar Prasetyo di Markas Lanud Pattimura Ambon, Selasa (5/7/2022).

Dia mengatakan kaitan erat itu dimulai sejak masa awal Kemerdekaan Indonesia. Dia mengatakan kepulauan Maluku berperan sebagai wilayah strategis gelar kekuatan TNI AU di wilayah timur.

"Sejak awal kemerdekaan Indonesia, kepulauan Maluku menjadi tumpuan penting yang strategis, bagi gelar kekuatan TNI Angkatan Udara di wilayah timur," ujarnya.

Dia mengatakan rakyat Maluku dan TNI AU bisa merintis dan membangun pangkalan udara di Maluku. Dia menyebut pangkalan dan bandara itu kemudian menjadi jembatan pemerataan pembangunan.

"Berkat kekompakan rakyat Maluku bersama TNI Angkatan Udara, kita dapat merintis dan membangun pangkalan dan bandar udara di kepulauan Maluku, yang tidak hanya menjadi fondasi kemerdekaan, namun juga menjadi jembatan pemerataan pembangunan di seluruh pelosok negeri," ujar Fadjar.

Fadjar menyebut ada andil para pendahulu TNI AU dan masyarakat Maluku atas pemerataan pembangunan Indonesia.

"Melalui jembatan udara yang dirintis oleh para pendahulu kita, akhirnya hingga saat ini kita dapat menikmati pesatnya pembangunan masyarakat Indonesia secara adil dan merata," ujarnya.

Fadjar mengatakan sejarah itu menjadi alasan dirinya memilih Maluku menjadi pusat pelaksanaan Karya Bakti TNI AU tahun ini. Menurut Fadjar, hal itu merupakan makna sesungguhnya dari Hari Bakti TNI AU.

"Berangkat dari hal tersebut, kita memilih Provinsi Maluku, khususnya kota Ambon, sebagai pusat pelaksanaan karya bakti TNI Angkatan Udara untuk tahun 2022 ini," ujarnya.

"Kegiatan karya bakti ini adalah salah satu bukti nyata, terwujudnya kolaborasi antara Pemerintah, TNI Angkatan Udara, dan rakyat Indonesia. Inilah makna sesungguhnya dari Hari Bakti TNI Angkatan Udara," sambung Fadjar.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT