ADVERTISEMENT

Lalin Kawasan Puncak Macet, One Way Arah Jakarta Masih Diterapkan

Muchamad Sholihin - detikNews
Minggu, 03 Jul 2022 19:45 WIB
Lalin kawasan Puncak Bogor macet, sistem one way masih diberlakukan.
Lalin kawasan Puncak Bogor macet, sistem one way masih diberlakukan. (Foto: M Solihin/detikcom)
Bogor -

Satlantas Polres Bogor masih memberlakukan sistem satu arah atau one way di Jalan Raya Puncak, Bogor, Jawa Barat hingga malam ini. Arus lalu lintas di kawasan Puncak Bogor masih macet.

"Dapat kami sampaikan dan laporkan bahwasannya situasi arus lalu lintas di Jalan Raya Puncak sampai dengan saat ini pukul 19.00 WIB masih terpantau terjadi kepadatan. Sehingga kami masih akan tetap memberlakukan sistem one way arah Jakarta sampai situasi kondusif," kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Pranata ditemui di Simpang Gadog, Minggu (3/7/2022).

Dicky mengatakan, tingginya volume kendaraan yang mengarah ke kawasan Puncak, sudah terjadi sejak Jumat (1/7/2022). Hal ini terjadi karena masa liburan sekolah.

"Peningkatan volume kendaraan memang sudah terjadi sejak Jumat ya, bahkan minggu yang lalu juga hampir sama, karena kan sudah masuk musim liburan sekolah. Kami prediksi (peningkatan volume kendaraan) sampai 18 Juli ya," kata Dicky.

Pantauan detikcom pukul 18.30 WIB, sistem one way masih berlaku di Jalan Raya Puncak. Kendaraan arah Jakarta diprioritaskan untuk melaju. Sementara kendaraan arah Puncak, masih tertahan di KM 46 Tol Jagorawi dan Jalan Raya Gadog Ciawi.

Tingginya volume kendaraan yang mengarah ke Puncak sejak Sabtu dan Minggu pagi tadi, mengakibatkan kepadatan arus lalulintas saat arus balik wisatawan sejak siang hingga malam ini. Antrian kendaraan menuju Jakarta masih mengular panjang di Jalan Raya Puncak.

Kepadatan lalulintas nampak di Jalan Raya Puncak mulai dari tanjakan selarong hingga menjelang Simpang Gadog. Kendaraan bus-bus besar pengangkut wisatawan nampak memadati jalanan.

Arus lalin semakin padat ketika rombongan pemotor mengisi setiap celah jalan agar tetap bisa terus melaju. Sejumlah kepolisian tampak berjaga di titik kepadatan dan berjibaku agar kepadatan terurai.

"Maju, maju, terus jalan," kata seorang petugas meminta pengendara terus melajukan kendaraannya.

Kepadatan juga terjadi di Jalan Raya Gadog-Ciawi, tepatnya di titik pending kendaraan yang mengarah ke Puncak. Banyak kendaraan roda dua dan kendaraan yang memutar mengakibatkan kemacetan.

Seperti diketahui, Satlantas Polres Bogor mulai memberlakukan sistem one way arah Jakarta sejak sekitar pukul 12.00 siang tadi. One Way arah Jakarta diberlakukan untuk mempermudah wisatawan yang meninggalkan kawasan Puncak dan kembali ke rumahnya masing-masing.

(eva/eva)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT