ADVERTISEMENT

Kualitas Udara Jakarta Terburuk di Dunia Sore Ini

Haris Fadhil - detikNews
Sabtu, 02 Jul 2022 18:22 WIB
Kualitas udara di Jakarta hari ini masih berada dalam kategori tidak sehat. Jakarta berada pada peringkat dua dunia setelah Dubai, Uni Emirat Arab.
Ilustrasi kualitas udara di Jakarta (Agus Purnomo/detikcom)
Jakarta -

Kualitas udara di Jakarta menjadi yang terburuk di dunia sore ini berdasarkan situs IQAir. Menurut situs itu, udara di Jakarta tidak sehat.

Dilihat dari situs IQAir pukul 17.52 WIB, Sabtu (2/7/2022), Jakarta berada pada peringat satu Kota dengan kualitas udara terburuk di dunia. Posisi kedua ditempati oleh Kuwait City dan ketiga ialah Dubai.

Indeks kualitas udara Jakarta berada pada angka 165 alias tidak sehat. Polutan utamanya ialah PM2.5.

"Konsentrasi PM2.5 di udara Jakarta saat ini 16,7 kali di atas nilai panduan kualitas udara tahunan WHO," demikian tulis situs IQ Air.

Data di situs IQAir itu dikumpulkan dari 16 kontributor seperti stasiun milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), BMKG, Kedubes AS hingga organisasi nirlaba seperti Greenpeace Indonesia.

Data Pemprov DKI

Pemprov DKI Jakarta juga memiliki data sendiri soal kualitas udara di Jakarta lewat Indeks Standar Pencemaran Udara Maksimum yang bisa dilihat dari aplikasi JAKI. Berikut data kualitas udara di Aplikasi JAKI per pukul 17.00 WIB:

Jakarta Pusat: 111 (tidak sehat)
Jakarta Barat: 120 (tidak sehat)
Jakarta Utara: 115 (tidak sehat)
Jakarta Timur: 140 (tidak sehat)
Jakarta Selatan: 120 (Tidak sehat)

Simak juga 'Penurunan Kualitas Udara di Jakarta Kombinasi Emisi dan Pola Angin':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/idh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT