ADVERTISEMENT

Apresiasi Komnas Perempuan saat Polwan Raih Hoegeng Awards 2022

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 23:35 WIB
Komisioner Komnas Perempuan Siti Aminah
Komisioner Komnas Perempuan Siti Aminah (Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Komisioner Komnas Perempuan Siti Aminah mengapresiasi salah satu polisi wanita (polwan) Aipda Rohimah yang meraih Hoegeng Awards 2022. Siti memandang sosok Aipda Rohimah mencerminkan nilai-nilai positif yang diterapkan aparat kepolisian selama bertugas.

"Tentu bagi saya secara pribadi seluruh kandidat adalah pemenangnya. Walaupun misalnya terpilih tadi ada 1 perempuan Aipda Rohimah, itu karena yang ia lakukan berdampak dan pendekatannya sangat humanis, itu yang kemudian membangun nilai positif kerja-kerja kepolisian," kata Siti Aminah usai acara Hoegeng Awards 2022 di The Tribrata Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022).

Siti juga mengapresiasi AKBP Irene Ayu Anggraini yang masuk 3 kandidat polisi berintegritas. Menurutnya, sosok Irene membuktikan polisi wanita dapat bertindak tegas melalui pendekatan humanis.

"Juga ada dari Jogja Ibu Irene yang melakukan pendekatan sidak. Saya pikir pola pendekatan humanis, kalau sidak itu kesannya heboh, sering menyapa ke lingkungan di kepolisian. Itu saya pikir pendekatan-pendekatan yang bisa dikembangkan," ucapnya.

Siti memandang Polri berjalan ke arah lebih baik lagi, khususnya dalam memberikan kesempatan bagi perempuan berkontribusi di dalam Korps Bhayangkara.

"Ini menunjukkan kepemimpinan perempuan di Polri mulai berkembang dan diakui, walau jumlah polwan masih minim dibanding polki (polisi laki-laki)," pungkasnya.

Dia juga berharap Hoegeng Awards bisa kembali digelar di tahun depan dengan perluasan kategori. Di mana, salah satu kategori berkaitan dengan isu perempuan dan anak.

"Kami betul memberikan apresiasi untuk penyelenggaraan Hoegeng Award ini, berharap di tahun mendatang tetap dilakukan, mungkin ada perluasan kategori untuk isu perempuan dan anak," imbuhnya.

"Karena bagaimanapun, kepolisian adalah front line untuk memberikan lingkungan dan gakkum atau kasus-kasus tindak pidana kekerasan terhadap perempuan," sambungnya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT