ADVERTISEMENT

Aipda Rohimah Terima Hoegeng Awards 2022: Gak Nyangka Banget!

Nahda Rizki Utami - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 23:06 WIB
Aipda Rohimah penerima Hoegeng Awards 2022 kategori Polisi Berdedikasi (Tangkapan layar YouTube)
Foto: Aipda Rohimah penerima Hoegeng Awards 2022 kategori Polisi Berdedikasi (Tangkapan layar YouTube)
Jakarta -

Kanit Binmas Polsek Muara Gembong, Polres Metro Bekasi, Aipda Rohimah menjadi pemenang kategori Polisi Berdedikasi Hoegeng Awards 2022. Rohimah mengaku tak menyangka saat menerima penghargaan tersebut.

"Alhamdulillah saya nggak nyangka banget dapat menjadi polisi dedikasi. Semoga polisi-polisi di luar sana tetap menebarkan kebaikan di manapun berada walaupun sedikit insyaallah berkah dan saya ucapin terima kasih banyak atas kerja samanya detikcom dan kepolisian yang telah mengapresiasi kinerja kita," kata Rohimah di The Tribrata Darmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022).

Rohimah pun menceritakan program Geserin atau Gerakan Seribu Koin yang digulirkannya sejak 2017. Pengumpulan koin itu dimaksudkan untuk membantu hidup masyarakat yang membutuhkan di wilayah Muara Gembong.

"Gerakan seribu koin dari koin Rp 50 perak, Rp 100 perak, Rp 200 perak itu saya kumpulin. Kadang-kadang teman memberikan sumbangsih setelah itu saya solasiin, saya belanjakan sembako, sembakonya saya berikan kepada yang membutuhkan di Muara Hembong rata-rata menengah ke bawah. Untuk lansia saya utamakan," ujar Rohimah.

Rohimah juga menceritakan inspirasinya melakukan program Geserin. Rohimah berniat mengumpulkan sejumlah uang dengan nominal berapa pun untuk membelanjakan sembako yang akan diberikan kepada warga yang membutuhkan.

"Kebetulan saat itu saya lihat uang yang Rp 50 perak, Rp 100 perak. nggakk mungkin gak ada harganya. Saya nisiatif kumpulin alhamdulillah sampai sekarang tetap berjalan dan saya berikan saya belanjakan sembako ke yang membutuhkan," jelas Rohimah.

Rohimah pun membelanjakan sembako kepada petani-petani di wilayah Muara Gembong. Warga Muara Gembong, sambung Rohimah, mayoritas merupakan seorang petani dan nelayan.

"Saya belanjain sayur ke petani langsung asli Muara Gembong langsung hasilnya itu saya pajang di Polsek denyan ambilah seperlunya," ucap Rohimah.

"Saya tergerak itu karena memang warga kami rata-rata menengah ke bawah seperti itu, yaitu petani tambak atau petani, nelayan laut mencari rumput laut atau rajungan," sambungnya.

Diketahui, Hoegeng Awards 2022 merupakan program mencari sosok polisi teladan. Salah satu kategori dalam Hoegeng Awards 2022 adalah Polisi Berdedikasi. Ada 3 polisi yang sebelumnya menjadi kandidat Hoegeng Awards 2022 kategori Polisi Berdedikasi. Berikut nama kandidatnya:

- Anggota Satuan Polair Polres Lampung Selatan Aipda Agung Gede Asmarajaya
- Kanit Binmas Polsek Muara Gembong Aipda Rohimah
- Anggota Satuan Brimob Polda Sulawesi Selatan Ipda Purwanto

Sejak dibuka proses pencarian pada 14 Maret 2022 lalu, puluhan ribu usulan dari masyarakat masuk ke detikcom. Masyarakat mengusulkan sosok polisi terbaik versinya masuk menjadi kandidat penerima Hoegeng Awards.

Selama proses pencarian, detikcom menjadi penyeleksi awal dari usulan yang masuk dari masyarakat. Sosok polisi yang telah terseleksi awal lalu diserahkan kepada Dewan Pakar Hoegeng Awards 2022, yang pada akhirnya memilih pemenang penghargaan tersebut.

Adapun Dewan Pakar Hoegeng Awards 2022 adalah Ketua Harian Kompolnas Irjen (Purn) Benny Mamoto, Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian Indonesia Alissa Qotrunnada Wahid, Pemimpin Redaksi detikcom Alfito Deannova, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni, dan Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM Mohammad Choirul Anam.

(aik/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT