Pemred detikcom Ungkap Proses Panjang Hoegeng Awards 2022

ADVERTISEMENT

Pemred detikcom Ungkap Proses Panjang Hoegeng Awards 2022

Nahda Rizki Utami - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 22:00 WIB
Pimpinan Redaksi Detikcom Alfito Deannova Ginting, Ketua Harian Kompolnas Irjen Pol Purn  Benny Josua Mamoto, dan Komisioner Kompolnas Poengky Indarti melakukan rapat persiapan acara Hoegeng Award di kawasan Menara Bank Mega, Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (1/4).
Foto: Pimpinan Redaksi Detikcom Alfito Deannova Ginting, melakukan rapat persiapan acara Hoegeng Awards di kawasan Menara Bank Mega, Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (1/4) (Pradita Utama)
Jakarta -

Penerima Hoegeng Awards 2022 telah diumumkan. Pemimpin Redaksi detikcom Alfito Deannova Ginting menceritakan rangkaian persiapan Hoegeng Awards 2022 yang telah menempuh proses panjang.

Alfito menjelaskan acara Hoegeng Awards 2022 bermula dari pemikiran masih banyaknya polisi yang memiliki integritas yang tinggi dan mengupayakan kinerjanya. Akhirnya, dari inisiatif tersebut, dibuatlah penganugerahan Hoegeng Awards 2022.

"Kita tuh mikir gini kalau ada polisi yang baik, berkiprah, berperan buat masyarakat dan kita sering baca itu sebenarnya di berbagai media. Ada polisi berkiprah, punya integritas tinggi dan sebagainya. Kasihan sekali polisi-polisi ini yang sudah mengupayakan kerjanya itu terhapus hanya karena kejadian beberapa orang saja," kata Alfito setelah menghadiri acara Hoegeng Awards di The Tribrata, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022).

"Terus mungkin nggak sih ada masyarakat yang melaporkan kepada kita 'ini ada polisi bagus loh'. Ini bisa jadi contoh bagus sebagai Bhayangkara negara. Nah itulah yanh kemudian menjadi inisiatif teman-teman. Itulah sebenarnya inisiatif teman-teman redpel," sambungnya.

Alfito menjelaskan pemilihan nama penganugerahan Hoegeng Awards. Nama itu, terinspirasi dari Jenderal Hoegeng Iman Santoso yang merupakan sosok teladan yang baik untuk semua polisi.

"Hoegeng akan menjadi example untuk menjadi teladan yang baik untuk semua polisi di Indonesia. Karena itu, sosoknya kita jadikan simbol atau icon," jelas Alfito.

Alfito mengungkapkan banyak nama-nama polisi yang diusulkan masyarakat untuk menjadi kandidat terpilih Hoegeng Awards 2022. Dari ribuan nama polisi yang diusulkan, para Dewan Pakar Hoegeng Awards 2022 akhirnya memilih 3 penerima penghargaan dari tiga kategori.

"Kita dengar masyarakat dan kemudian kita saring. Banyak sekali yang masuk. Sampai akhirnya, kita harus kurasi satu-satu dan kemudian terpilih beberapa nama. Sebelum itu, secara bersamaan kita cari juga dewan pakar karena kita tau ini nggak bisa detikcom sendiri. Harus ada verifikasi dan objektifitas," ujar Alfito.

"Nama yang disebutkan sudah disaring kemudian kita kurasi, kita serahkan ke dewan pakar. Ada 20 nama tiap kategori. Dari kategori kemudian kita pilih 3 besar," sambungnya.

Lebih lanjut, Alfito berharap penganugerahan Hoegeng Awards dapat diselenggarakan di tiap tahunnya. Alfito juga berharap akan ada kategori yang lebih banyak pada Hoegeng Awards berikutnya.

"Kita sih mau ini akan kita lanjutkan. Kita tanya sama Polri, Polri juga sepakat. Mungkin tahun depan kita akan memperbanyak kategori. Kategorinya hanya 3, mungkin ke depan akan kita tambah. Misalnya akan ada kategori khusus reformasi birokrasi misalnya. Polisi-polisi yang menganjurkan yang mengupayakan reformasi birokrasi di tempatnya atau juga yang konsen di bidang khusus spesifik misalnya," ucap Alfito.

Diketahui, acara Hoegeng Awards 2022 telah mengumumkan tiga sosok polisi teladan. Berikut daftarnya:

Polisi Berdedikasi

- Kanit Binmas Polsek Muara Gembong Aipda Rohimah

Polisi Inovatif

- Wakapolda Papua Brigjen Eko Rudi Sudarto

Polisi Berintegritas

- Kapolda Gorontalo Irjen Akhmad Wiyagus.

Lihat juga video 'Kapolri Tegaskan Tak Antikritik, Masyarakat Bebas Mengkritik':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT