ADVERTISEMENT

Anggota DPR Harap Hoegeng Awards Rutin Digelar-Kategori Penghargaan Beragam

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 21:27 WIB
Anggota Komisi III DPR yang juga Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani hadir di acara Hoegeng Awards 2022, Jakarta, Jumat (1/7/2022).
Arsul Sani (Firda/detikcom)
Jakarta -

Anggota Komisi III DPR RI Arsul Sani mengapresiasi gelaran Hoegeng Awards 2022. Arsul berharap Hoegeng Awards rutin digelar dengan kategori penghargaan yang beragam.

"Saya kira acara pemberian penghargaan Hoegeng Awards ini harus dilembagakan, dalam arti harus menjadi acara yang rutin, mungkin setiap tahun ya," kata Arsul kepada wartawan setelah menghadiri acara Hoegeng Awards 2022 di Jakarta, Jumat (1/7/2022).

"Saya melihat bahwa ini bisa menjadi salah satu sarana untuk mendorong polisi-polisi kita, pertama terkait dengan integritas, inovasi, dan terkait dengan pengabdian," imbuhnya.

Arsul menilai akan ada dampak positif bagi institusi Polri jika Hoegeng Awards digelar rutin dengan kategori penghargaan lebih beragam. Wakil Ketua MPR RI itu yakin keberagaman kategori akan membuat program Presisi Polri terus menjadi pegangan seluruh polisi.

"Nah, ketika ini kita rutinkan, bahkan mungkin dengan kategori yang diperbanyak, lebih variatif, maka itu saya punya keyakinan akan menjadi pendorong yang kuat agar program Presisi itu bisa lebih terartikulasi, lebih terinternalisasi, pada para anggota Polri kita," kata Arsul.

Lebih lanjut Arsul menyarankan kategori penghargaan diklasifikasi sesuai pangkat di kepolisian. Menurutnya, kategori penghargaan berdasarkan klasifikasi pangkat akan membuka banyak peluang penghargaan kepada seluruh anggota Polri.

"Mungkin nanti ini usul saya ya, bukan hanya variasi kategorinya, tapi juga variasi pangkat. Jadi ada kelompok pati, ada kelompok pama, dan mungkin kelompok di bintara," terang Wakil Ketua Umum PPP itu.

"Sehingga kita bisa memberikan contoh kepada polisi bahwa peluangnya tuh besar. Sebab, kan kalau misalnya kategori tertentu hanya ada pada pati saja, itu nanti kan khawatirnya akan menimbulkan kesan, 'kita nggak pati, percuma juga', gitu, lho," sambung Arsul.

Arsul juga mengapresiasi salah satu peraih penghargaan adalah seorang Polwan. Dia berharap pemberian penghargaan itu dapat mendorong para kalangan Polwan lebih memiliki peran dalam menjalankan tugasnya.

"Saya bersyukur ya dari tiga kategori tadi ada Polwan yang mendapatkan. Tugas konstitusional polisi itu ada dua, penjagaan keamanan dan penegakan hukum. Dua bidang polisi ini sebenarnya harus kita dorong untuk Polwan kita itu lebih punya peran," kata Arsul.

Diketahui, acara Hoegeng Awards 2022 telah mengumumkan tiga sosok polisi teladan. Berikut daftarnya:

Polisi Berdedikasi

- Kanit Binmas Polsek Muara Gembong Aipda Rohimah

Polisi Inovatif

- Wakapolda Papua Brigjen Eko Rudi Sudarto

Polisi Berintegritas

- Kapolda Gorontalo Irjen Akhmad Wiyagus.

Simak juga video 'Kapolri Tegaskan Tak Antikritik, Masyarakat Bebas Mengkritik':

[Gambas:Video 20detik]



(fca/zak)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT