ADVERTISEMENT

Raih Hoegeng Awards, Brigjen Eko Paparkan Pendekatan Humanis ke Warga Papua

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 20:11 WIB
Wakapolda Papua, Brigjen Eko Rudi Sudarto
Wakapolda Papua Brigjen Eko Rudi Sudarto (Lisye/detikcom)

Respons Terkait Hoegeng Awards

Setelah memenangi penghargaan polisi inovatif, Eko menyebut Hoegeng Awards sebagai apresiasi terhadap polisi.

"Penghargaan ini sebenarnya wujud apresiasi negara terhadap Polri, karena Polri betul hadir di situ dan Polri concern terhadap Papua, concern terhadap Papua adalah kita, kita adalah Papua. Papua Jaya Indonesia Maju itu menjadi hashtag saya," paparnya.

Pada HUT ke-76 Bhayangkara ini, Eko juga memaparkan sejumlah harapan untuk institusi Polri. Dia berharap Polri semakin dekat dengan masyarakat.

"Polri semakin hari semakin dituntut untuk bisa terbuka kepada masyarakat yang dilayaninya. Polri tidak bisa lagi lembaga yang paramiliter, tetapi Polri adalah polisi yang berwatak sipil, Polri yang terbuka. Polri ingin bergandeng tangan dengan masyarakat, tidak lagi Polri yang membebani masyarakat tetapi sebaliknya masyarakat akan merasa damai kalau didekati Polri, harapan kita seperti itu," katanya.

Pemenang Polisi Inovatif Hoegeng Award

Penerima Hoegeng Awards 2022 telah diumumkan. Brigjen Eko Rudi Sudarto dianugerahi Hoegeng Awards 2022 kategori Polisi Inovatif.

Penganugerahan Hoegeng Awards 2022 ini digelar di The Tribrata Darmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022). Hadir di acara ini Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hingga Chairman of CT Corp Chairul Tanjung (CT).

Penghargaan untuk Brigjen Eko Rudi Sudarto disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni.

Brigjen Eko Rudi Sudarto adalah polisi yang telah berupaya merebut hati dan pikiran warga Papua agar warga tidak tertarik dengan propaganda kelompok kriminal bersenjata (KKB). Wakapolda Papua itu dikenal sebagai polisi yang berhasil menjalankan pemberdayaan sosial warga, bahkan di sarang KKB. Dia mengedepankan cara sosial-kemanusiaan, bukan dengan angkat senjata.


(lir/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT