ADVERTISEMENT

Cerita Cak Anam Langsung Setuju Jadi Dewan Pakar Hoegeng Awards

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 16:35 WIB
Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM Mohammad Choirul Anam (Tangkapan layar YouTube)
Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM Mohammad Choirul Anam (Tangkapan layar YouTube)
Jakarta -

Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM Mohammad Choirul Anam selaku salah satu Dewan Pakar Hoegeng Awards 2022 mengungkap latar belakang keterlibatannya di Hoegeng Awards 2022. Pria yang akrab disapa Cak Anam itu mengaku langsung setuju saat didapuk menjadi salah satu dewan pakar Hoegeng Awards 2022.

"Saya langsung setuju untuk terlibat dalam pemilihan ini. Sederhana sebenarnya, banyak pengalaman di Komnas HAM yang juga menemukan polisi-polisi baik yang itu tidak bisa kita suarakan sebenarnya karena Komnas HAM lembaga pengawasan," kata Cak Anam sebelum membacakan penghargaan Hoegeng Awards 2022 kategori Polisi Berdedikasi di The Tibrata Darmawangsa, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022).

Sebagai informasi, anugerah Hoegeng Awards 2022 kategori Polisi Berdedikasi diberikan kepada Aipda Rohimah.

Cak Anam pun kemudian menceritakan awal mula penyeleksian kandidat penerima Hoegeng Awards 2022. Dia mengatakan 'jantung' dari Hoegeng Awards ini adalah partisipasi masyarakat.

"Kami tidak pernah punya nama, kami tidak punya nama. Jadi di antara kami para dewan pakar ini tidak pernah punya nama. Saya kenal dengan banyak teman-teman kepolisian, bersahabat baik dengan beliau semua, tapi kami tidak pernah punya nama karena syarat mutlak dihukum ini adalah nama harus muncul dari publik. Jadi nafas Hoegeng Awards adalah penilaian masyarakat," papar dia.

"Jadi jantungnya adalah partisipasi, sehingga applause untuk kita semua angkanya 67.000 orang jadi angka 67.000. Itu adalah angka dari masyarakat dan itu mengagetkan kami semua," sambung Cak Anam.

Cak Anam bahkan mengaku sempat pening saat menyeleksi kandidat yang ada. Sebab, puluhan ribu orang berpartisipasi dalam Hoegeng Awards 2022.

"Kita merumuskan susahnya minta ampun. Semua kandidat memiliki potret masing-masing. Sisi baik makanya nanti siapa pun yang menjadi nominasi dan siapa pun yang menjadi penerima award ini dia dan mereka adalah yang terbaik dari yang terbaik," kata dia.

Acara Hoegeng Awards 2022 telah mengumumkan tiga sosok polisi teladan. Berikut daftarnya:

Polisi Berdedikasi

- Kanit Binmas Polsek Muara Gembong Aipda Rohimah

Polisi Inovatif

- Wakapolda Papua Brigjen Eko Rudi Sudarto

Polisi Berintegritas

- Kapolda Gorontalo Irjen Akhmad Wiyagus

*) Acara ini adalah persembahan detikcom bekerja sama dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia dan didukung oleh R17 Group.

Lihat video 'Jenderal Hoegeng, Kapolri Jujur dan Teladan':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT