Kapolri Ingin Semangat Jenderal Hoegeng Jadi Pegangan Seluruh Anggota Polri

ADVERTISEMENT

Kapolri Ingin Semangat Jenderal Hoegeng Jadi Pegangan Seluruh Anggota Polri

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 18:23 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hadir di acara Hoegeng Awards 2022, di The Tribrata Darmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022).
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hadir di acara Hoegeng Awards 2022. (Azhar/detikcom)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hadir secara langsung pada pengumuman pemenang di Hoegeng Awards 2022. Sigit ingin semangat Jenderal Hoegeng dijadikan pegangan oleh seluruh anggota kepolisian dalam membangun institusi Polri yang baik.

"Pertanyaan berikutnya, apakah tidak mungkin muncul Hoegeng-Hoegeng yang baru? Walaupun mungkin, tidak seperti Pak Hoegeng idola kita. Namun, paling tidak, semangat, roh, yang kita bangun di institusi Polri untuk kemudian menjadi pegangan bagi kita semua, menjadi arah bagi kita semua untuk institusi yang baik seperti yang diharapkan masyarakat, itu bisa terwujud," kata Sigit di The Tribrata Darmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022).

"Di situlah kami tentunya mencoba memperbaiki diri membuka ruang untuk terus dikritik, sehingga demikian kita tahu posisi kita di mana dan apa yang harus kita perbaiki," tambahnya.

Sigit mengatakan Polri menerima apa pun kritik walaupun pahit. Namun mantan Kabareskrim itu menganggap rasa pahit itu sebagai energi untuk mewujudkan Polri yang lebih baik.

"Dan itu tentunya menjadi energi, kalaupun kritik kadang kala memang dirasakan pahit, tapi itu kita ibaratkan obat. Pil itu pahit, tapi harus kita makan sehingga kemudian kita bisa menjadi sehat untuk membuat organisasi atau institusi ini menjadi baik, jadi dipercaya, dan kemudian masyarakat bisa menerima dan puas dengan pelayanan yang diberikan oleh kepolisian," ujar Sigit.

Selanjutnya, Sigit juga mengucapkan syukur atas keberhasilan sejumlah jajarannya menjadi pemenang Hoegeng Awards. Dia berharap ketiga pemenang tersebut bisa menjadi penerus Hoegeng selanjutnya.

"Alhamdulillah kita mendapatkan informasi bahwa ternyata masih ada Polri-Polri yang kemudian berdasarkan informasi dari masyarakat, yang kemudian layak untuk mendapatkan nominasi atau penilaian, untuk layak mendapatkan label sebagai penerus semangat Hoegeng-Hoegeng baru," katanya.

"Ada kurang lebih 67 ribu dan tentunya jadi suatu kebanggaan buat kami. Namun kami terus buka diri untuk diberi kritik, sehingga kemudian kita betul-betul bisa jadi Polri yang menjadi harapan masyarakat, karena memang kita butuh support, kita butuh kritik, kita butuh pil pahit untuk menjadi lebih baik," sambungnya.

Acara Hoegeng Awards 2022 telah mengumumkan tiga sosok polisi teladan. Berikut daftarnya:

Polisi Berdedikasi

- Kanit Binmas Polsek Muara Gembong Aipda Rohimah

Polisi Inovatif

- Wakapolda Papua Brigjen Eko Rudi Sudarto

Polisi Berintegritas

- Kapolda Gorontalo Irjen Akhmad Wiyagus

*) Acara ini adalah persembahan detikcom bekerja sama dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia dan didukung oleh R17 Group.

Lihat video 'Kapolri Tegaskan Tak Antikritik, Masyarakat Bebas Mengkritik':

[Gambas:Video 20detik]



(azh/zak)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT