Apresiasi Istimewa Istri Jenderal Hoegeng untuk Hoegeng Awards 2022

ADVERTISEMENT

Apresiasi Istimewa Istri Jenderal Hoegeng untuk Hoegeng Awards 2022

Herianto Batubara - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 15:23 WIB
Jakarta -

Eyang Meriyati, istri mantan Kapolri alm Jenderal (purn) Hoegeng Iman Santoso, hadir secara virtual di acara perdana Hoegeng Awards 2022. Dalam sambutannya, Meri mengucapkan selamat kepada para penerima penghargaan.

Eyang Meri mengikuti Hoegeng Awards 2022 secara virtual dari kediamannya di Depok, Jawa Barat, Jumat (1/6/2022). Dia atas nama pribadi dan keluarga besar Hoegeng menyampaikan terima kasih atas penyelenggaraan agenda ini.

"Atas nama pribadi dan segenap keluarga Hoegeng, kami mengucapkan terima kasih yang utama kepada institusi Polri dan media detikcom, serta semua pihak yang terlibat hingga terselenggaranya acara Hoegeng Awards ini," ujarnya.

Eyang Meriyati, istri mantan Kapolri alm Jenderal (purn) Hoegeng Iman Santoso (Herianto Batubara/detikcom)Eyang Meriyati, istri mantan Kapolri alm Jenderal (purn) Hoegeng Iman Santoso (Herianto Batubara/detikcom)

Eyang Meri yang baru merayakan ulang tahun ke-97 pada Kamis (23/6) lalu ini juga menyampaikan harapannya terhadap penyelenggaraan Hoegeng Awards oleh detikcom. Dia berharap agenda ini bermanfaat bagi para bhayangkara-bhayangkari negara, yang dicintai oleh masyarakat Indonesia.

Eyang Meri juga menyampaikan selamat kepada para penerima penghargaan Hoegeng Awards 2022. Dia berharap para penerima penghargaan nantinya senantiasa dapat menjaga dan mengharumkan nama Polri ke depan.

"Kepada anak-anakku, cucuku, yang terpilih dalam setiap kategori. Kami ucapkan selamat dan senantiasa dapat menjaga dan mengharumkan nama Polri ke depan. Amin ya rabbal alamin," ucap Eyang Meri.

Awarding Day Hoegeng Awards 2022 sendiri masih berlangsung. Agenda ini diselenggarakan di The Tribrata Darmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Hadir di lokasi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo beserta jajaran pejabat utama Polri, di antaranya Kadiv Humas Polri Irjen Deddy Prasetyo.

Hadir pula Chairman CT Corp Chairul Tanjung beserta jajaran, juga keluarga Hoegeng yang diwakili putra alm Hoegeng, Aditya Sutanto Hoegeng (Didit) serta cucu alm Hoegeng, Krisnadi Ramajaya Hoegeng (Rama).

Awarding Day Hoegeng Awards 2022 juga dihadiri sejumlah pejabat tinggi negara. Tak hanya itu, tokoh agama dan perwakilan organisasi masyarakat sipil turut hadir di Hoegeng Awards 2022.

Sekilas Tentang Hoegeng Awards 2022

Hoegeng Awards 2022 mencari sosok polisi dengan tiga kategori, yakni Polisi Berintegritas, Polisi Inovatif, dan Polisi Berdedikasi. Tiga kategori Hoegeng Awards tersebut didapatkan lewat proses diskusi panjang melibatkan berbagai pihak, mulai dari keluarga almarhum Jenderal Hoegeng, Divisi Humas Mabes Polri, Posko Presisi Polri, hingga Dewan Pakar Hoegeng Awards 2022.

Adapun Dewan Pakar Hoegeng Awards 2022 adalah Ketua Harian Kompolnas Irjen (Purn) Benny Mamoto, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni, Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM Mohammad Choirul Anam, Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian Indonesia Alissa Qotrunnada Wahid, dan Pemimpin Redaksi detikcom Alfito Deannova.

Proses pencarian polisi teladan dimulai dari 14 Maret hingga 9 Mei 2022. Puluhan ribu pembaca detikcom merespons program Hoegeng Awards 2022 ini dengan mengajukan kandidat polisi terbaik versinya.

Lalu, detikcom melakukan seleksi awal para kandidat penerima Hoegeng Awards 2022 dengan kriteria awal yang telah ditetapkan, salah satunya adalah pengecekan rekam jejak di Posko Presisi Polri. Pada tahapan selanjutnya, kandidat yang lolos seleksi awal dibagi menjadi tiga kategori dan Dewan Pakar Hoegeng Awards 2022 pada akhirnya memilih 3 penerima penghargaan tersebut.

Saat ini Dewan Pakar belum mengumumkan 3 nama penerima penghargaan Hoegeng Awards 2022. Berikut 9 kandidat penerima Hoegeng Awards 2022:

Polisi Berdedikasi

- Anggota Satuan Polair Polres Lampung Selatan Aipda Agung Gede Asmarajaya
- Kanit Binmas Polsek Muara Gembong Aipda Rohimah
- Anggota Satuan Brimob Polda Sulawesi Selatan Ipda Purwanto

Polisi Inovatif

- Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran
- Wakapolda Papua Brigjen Eko Rudi Sudarto
- Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin

Polisi Berintegritas

- Kapolda Gorontalo Irjen Akhmad Wiyagus
- Anggota Satlantas Polres Gresik Aiptu Jailani
- Kabag Reformasi Birokrasi Polri Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) AKBP Irene Ayu Anggraini

Siapakah 3 polisi yang akan menerima Hoegeng Awards 2022?


*) Acara ini adalah persembahan detikcom bekerja sama dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia dan didukung oleh R17 Group.

(bar/mae)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT