ADVERTISEMENT

Bamsoet: Surya Paloh Usul Capres-capres 2024 Diundang Sampaikan Visi di MPR

Anggi Muliawati - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 17:56 WIB
Konferensi pers di kantor NasDem (Anggi-detikcom)
Konferensi pers di kantor NasDem (Anggi/detikcom)

Ketua MPR Bamsoet mengatakan kunjungan tersebut merupakan silaturahmi kebangsaan yang sempat tertunda saat pandemi COVID-19. Dia mengaku mendapatkan gagasan-gagasan baru dalam pertemuan tersebut.

"Dahsyat karena gagasan beliau yang tidak pernah terpikirkan oleh kita di MPR, bagaimana MPR melalui berbagai langkah-langkahnya melakukan penguatan, mengambil langkah-langkah mengembalikan marwahnya sebagai lembaga tertinggi negara, sebagaimana amanat konstitusi sebelum reformasi, sebagai solusi dari berbagai persoalan bangsa, yang bakal timbul di kemudian hari terutama soal kenegaraan dan konstitusi," ujar Bamsoet.

Dia mengatakan Surya Paloh mengusulkan agar MPR ikut ambil bagian dalam proses Pemilu 2024. Dia mengatakan Paloh mengusulkan agar MPR mengundang para calon presiden 2024 untuk memaparkan visi-misi di hadapan para anggota MPR.

"Kita akan memiliki calon-calon presiden yang akan tampil nanti di 2024, Bang Surya menyampaikan ada baiknya MPR mengambil bagian mengundang para calon-calon presiden itu untuk menyampaikan visi misinya, menyampaikan pandangan-pandangan kebangsaan di hadapan anggota MPR RI," katanya.

Dia mengatakan MPR mengkaji gagasan tersebut. Menurutnya, hal itu perlu dipertimbangkan untuk mewujudkan tujuan berbangsa dan bernegara sesuai dengan UUD 1945.

"Atas saran beliau juga kita akan menutup nanti semacam kajian, untuk mengkaji kembali UUD kita agar tujuan kita berbangsa dan bernegara sesuai dengan apa yang menjadi semangat hasrat dan keinginan pendiri bangsa kita bahwa tidak boleh ada satu elemen bangsa pun yang ditinggalkan dalam kita membangun bangsa ini ke depan," katanya.


(haf/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT