Irjen Akhmad Wiyagus Dedikasikan Hoegeng Awards untuk Masyarakat

ADVERTISEMENT

Irjen Akhmad Wiyagus Dedikasikan Hoegeng Awards untuk Masyarakat

Farih Maulana Sidik - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 17:21 WIB
Irjen Akhmad Wiyagus penerima Hoegeng Awards 2022 kategori Polisi Berintegritas (Tangkapan layar YouTube)
Irjen Akhmad Wiyagus penerima Hoegeng Awards 2022 kategori Polisi Berintegritas (Tangkapan layar YouTube)
Jakarta -

Kapolda Lampung Irjen Akhmad Wiyagus menerima penghargaan Hoegeng Awards 2022 kategori Polisi Berintegritas. Ia mendedikasikan penghargaan tersebut untuk masyarakat Indonesia.

"Awards ini akan saya dedikasikan untuk masyarakat Indonesia, karena masyarakat lah yang harus saya lindungi, saya layani. Masyarakat lah yang harus diperlakukan secara adil dalam proses penegakan hukum," kata Irjen Wiyagus dalam sambutan acara puncak Hoegeng Awards 2022 di Gedung The Tribrata Darmawangsa, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022).

Wiyagus menyebut sosok mantan Kapolri Jenderal Hoegeng Iman Santoso adalah inspirasinya. Ia pun mendedikasikan penghargaan tersebut untuk almarhum Hoegeng.

"Saya akan dedikasikan kepada inspirasi saya Pak Hoegeng Iman Santoso yang mungkin saya tidak bisa meniru sama sekali, ini hanya sebagian kecil yang bisa saya teladani," ucapnya.

Dia menilai Hoegeng sebagai sosok polisi yang menjalankan empat sifat Nabi Muhammad SAW, yakni sidiq, amanah, tabligh, dan fathonah. Menurutnya, Hoegeng merupakan birokrat yang moderen.

"Sebagai seorang birokrat beliau paham betul bagaimana mengoperasionalkan konsep birokrasi modern, terutama impersonal dalam setiap melaksanakan tugas termasuk kepada keluarganya, ini yang sungguh sangat luar biasa," ujarnya.

Tak lupa, Irjen Wiyagus juga mendedikasikan penghargaan Hoegeng Awards 2022 untuk kedua orang tuanya yang selalu mendoakan agar selalu menjaga kejujuran dalam pelaksanaan tugas. Ia juga mendedikasikannya untuk institusi Polri dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Saya akan dedikasikan kepada pimpinan saya bapak Kapolri Jenderal Sigit, bapak adalah tauladan saya juga. Akan saya dedikasikan kepada istri dan anak-anak saya yang selalu memberikan kebahagiaan kepada saya dalam setiap selesai melaksanakan tugas," imbuhnya.

Acara Puncak Hoegeng Awards 2022

Acara puncak Hoegeng Awards 2022 digelar hari ini. Acara penghargaan tersebut diawali dengan mengheningkan cipta atas meninggalnya Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo.

Pantauan detikcom, di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022), acara dimulai pukul 14.00 WIB. Setelah acara dibuka, mengheningkan cipta sesaat untuk menghormati mendiang Tjahjo Kumolo dan Jenderal Hoegeng.

"Mari kita mengheningkan cipta sekaligus memanjatkan doa kepada putra-putri terbaik bangsa yang telah mendahului kita. Hari ini berita duka datang dari kabinet pemerintahan, Menteri PAN-RB Bapak Tjahko Kumolo telah mendahului kita. Begitu juga dengan Bhayangkara-Bhayangkara hebat negeri ini yang sudah menjadi benteng ibu pertiwi, termasuk Pak Hoegeng, teladan kita bersama. Mengheningkan cipta dipersilakan," ucap Pemimpin Redaksi detikcom Alfito Deannova Ginting di dalam acara tersebut.

Acara penganugerahan Hoegeng Awards 2022 dihadiri langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Hoegeng Awards 2022 itu juga dihadiri sejumlah pejabat tinggi negara, tokoh agama, dan perwakilan organisasi masyarakat sipil.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT