Penerima Hoegeng Awards Kategori Polisi Berintegritas: Irjen Akhmad Wiyagus

ADVERTISEMENT

Penerima Hoegeng Awards Kategori Polisi Berintegritas: Irjen Akhmad Wiyagus

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 16:16 WIB
Irjen Akhmad Wiyagus penerima Hoegeng Awards 2022 kategori Polisi Berintegritas (Tangkapan layar YouTube)
Foto: Irjen Akhmad Wiyagus penerima Hoegeng Awards 2022 kategori Polisi Berintegritas (Tangkapan layar YouTube)
Jakarta -

Penerima Hoegeng Awards 2022 telah diumumkan. Irjen Akhmad Wiyagus dianugerahi Hoegeng Awards 2022 kategori Polisi Berintegritas.

Penganugerahan Hoegeng Awards 2022 ini digelar di The Tribrata Darmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022). Hadir di acara ini Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hingga Chairman of CT Corp Chairul Tanjung (CT).

Penghargaan Hoegeng Awards 2022 kepada Irjen Akhmad Wiyagus disampaikan oleh Ketua Harian Kompolnas Irjen (Purn) Benny Mamoto dan Komisioner Kompolnas Poengky Indarti. Anugerah terhadap Irjen Akhmad Wiyagus diserahkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Saat awal diusulkan menjadi kandidat Hoegeng Awards 2022, Irjen Akhmad Wiyagus adalah Kapolda Gorontalo. Namun kini, ia dipindahtugaskan menjadi Kapolda Lampung.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyerahkan penghargaan kepada Irjen Akhmad Wiyagus (Tangkapan layar YouTube)Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyerahkan penghargaan kepada Irjen Akhmad Wiyagus (Tangkapan layar YouTube)

Polisi 54 tahun itu merupakan mantan penggawa KPK. Irjen Wiyagus dikenal bawahan dan koleganya sebagai sosok polisi yang antisuap dan tidak bisa dinego. Karena itulah ia dipilih Dewan Pakar masuk menjadi kandidat hingga akhirnya didapuk menerima Hoegeng Awards 2022 kategori Polisi Berintegritas.

Hoegeng Awards 2022 merupakan program mencari sosok polisi teladan. Salah satu kategori dalam Hoegeng Awards 2022 adalah Polisi Berintegritas. Sebelumnya ada 3 kandidat dalam Hoegeng Awards 2022 kategori Polisi Berintegritas, berikut daftarnya:

- Kapolda Gorontalo Irjen Akhmad Wiyagus
- Anggota Satlantas Polres Gresik Aiptu Jailani
- Kabag Reformasi Birokrasi Polri Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) AKBP Irene Ayu Anggraini

Sejak dibuka proses pencarian pada 14 Maret 2022 lalu, puluhan ribu usulan dari masyarakat masuk ke detikcom. Masyarakat mengusulkan sosok polisi terbaik versinya masuk menjadi kandidat penerima Hoegeng Awards.

Selama proses pencarian, detikcom menjadi penyeleksi awal dari usulan yang masuk dari masyarakat. Sosok polisi yang telah terseleksi awal lalu diserahkan kepada Dewan Pakar Hoegeng Awards 2022 yang pada akhirnya memilih pemenang penghargaan tersebut.

Adapun Dewan Pakar Hoegeng Awards 2022 adalah Ketua Harian Kompolnas Irjen (Purn) Benny Mamoto, Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian Indonesia Alissa Qotrunnada Wahid, dan Pemimpin Redaksi detikcom Alfito Deannova, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni dan Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM Mohammad Choirul Anam.

Berikut Penerima Hoegeng Awards 2022:

Polisi Berintegritas

- Kapolda Gorontalo Irjen Akhmad Wiyagus

*) Acara ini adalah persembahan detikcom bekerja sama dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia dan didukung oleh R17 Group.

Lihat video 'Jenderal Hoegeng, Kapolri Jujur dan Teladan':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT