Kapolri di Hoegeng Awards: Polri Tidak Antikritik agar Bisa Berbenah

ADVERTISEMENT

Kapolri di Hoegeng Awards: Polri Tidak Antikritik agar Bisa Berbenah

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 17:05 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di acara Hoegeng Awards 2022 (Tangkapan layar YouTube)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di acara Hoegeng Awards 2022 (Tangkapan layar YouTube)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan terima kasih atas gelaran Hoegeng Awards 2022. Sigit mengatakan sejak awal memang ingin agar Polri selalu meneladani sosok almarhum Jenderal (Purn) Hoegeng Iman Santoso.

"Saya selaku Kapolri, saya ingin ada suatu arah, suatu teladan, sosok yang sangat tepat untuk menjadi teladan bagi kami semua adalah Jenderal Polisi Hoegeng Iman Santoso, mantan Kapolri yang saat ini melegenda dan patut menjadi teladan bagi kita semua," kata Sigit dalam acara Hoegeng Awards 2022, di The Tribrata Darmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022).

Sigit melanjutkan, institusinya berkomitmen untuk terus berbenah. Dia juga menegaskan bahwa Polri tidak antikritik.

"Komitmen kami untuk terus berbenah dan tidak antikritik. Kami mencoba terus membuka ruang agar masyarakat bisa menilai dan mengkritik kami, sehingga kami memahami di mana yang harus kami perbaiki untuk kemudian bisa sesuai dengan apa yang menjadi harapan masyarakat," tuturnya.

Menurut Sigit, kritik itu sangat baik, meskipun terkadang tidak menyenangkan hati. Dia pun mengibaratkan kritik sebagai obat pahit yang harus ditelan saat sakit.

"Jadi kritik itu ibarat obat. Obat itu rasanya pahit. Tapi, walaupun pahit, harus kita makan supaya kita bisa sembuh dari sakit," ungkap Sigit.

Sigit juga mengingatkan anggotanya untuk tidak terlena jika mendapatkan apresiasi.

"Demikian juga dengan rekan-rekan semua. Apabila kita mendapat suatu apresiasi dan apresiasi itu kemudian membuat kita lupa, itu ibarat gula yang manis. Tapi kalau kita terlalu banyak gula itu, kita akan menjadi sakit. Jadi hal-hal itu tentunya menjadi suatu yang harus terus kita renungkan," ujar dia.

Acara Hoegeng Awards 2022 telah mengumumkan tiga sosok polisi teladan. Berikut daftarnya:

Polisi Berdedikasi

- Kanit Binmas Polsek Muara Gembong Aipda Rohimah

Polisi Inovatif

- Wakapolda Papua Brigjen Eko Rudi Sudarto

Polisi Berintegritas

- Kapolda Gorontalo Irjen Akhmad Wiyagus

*) Acara ini adalah persembahan detikcom bekerja sama dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia dan didukung oleh R17 Group.

(mae/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT