ADVERTISEMENT

Puan Bakal Hadir Langsung ke Pemakaman Tjahjo Kumolo, Megawati Virtual

Karin Nur Secha - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 16:09 WIB
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri hadiri pembukaan Rakernas II PDIP. Ia juga secara resmi membuka Rapat Paripurna II di sekolah partai PDIP.
Foto: Megawati dan Puan Maharani saat Rakernas PDIP 2022. (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, sore ini. Dikabarkan Ketua DPR RI Puan Maharani bakal hadir langsung saat prosesi pemakaman Tjahjo Kumolo.

"Kabar yang saya dengar datang, makanya kita (kader PDIP) semua diminta untuk datang," ujar politikus Deddy Yevri Hanteru Sitorus di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022).

Deddy mengatakan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri juga akan mengikuti prosesi pemakaman. Namun, sebut dia, Megawati mengikuti secara virtual.

"Jadi kemungkinan besar bu Megawati akan langsung dengan zoom di kanal youtube PDI Perjuangan," kata Deddy.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan dukacita mendalam atas meninggalnya MenPAN-RB Tjahjo Kumolo. Jokowi mengenang Tjahjo sebagai tokoh pemuda dan politisi.

Ucapan belasungkawa itu disampaikan Jokowi lewat akun Instagram-nya seperti dilihat detikcom, Jumat (1/7/2022). Jokowi mendengar kabar wafatnya Tjahjo saat sedang berada di luar negeri.

"Saya tengah berada dalam lawatan di luar negeri ketika mendengar kabar duka dari Tanah Air bahwa Bapak Tjahjo Kumolo telah berpulang ke Rahmatullah di Jakarta pada hari Jumat pukul 11.10 WIB. Innalillahi wa inna ilaihi rajiun," tulis Jokowi.

"Semasa hidupnya, almarhum Tjahjo Kumolo adalah seorang tokoh pemuda, politisi, dan berpulang di puncak pengabdiannya kepada negara sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi," imbuh Jokowi.

Diketahui, Tjahjo meninggal dunia pada siang tadi di RS Abdi Waluyo. Jenazah kemudian dibawa ke rumah dinas di Widya Chandra.

Selanjutnya, jenazah Tjahjo Kumolo akan disalatkan di Masjid Quba di kompleks Kementerian PAN-RB, Senayan, Jakarta Selatan. Setelah itu, jenazah Tjahjo Kumolo akan dibawa ke TMP Kalibata, Jakarta Selatan untuk dimakamkan.

Simak video 'Tjahjo Kumolo dan Tekad Tuntaskan Problematika Guru Honorer':

[Gambas:Video 20detik]



(ain/zak)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT