ADVERTISEMENT

Pemkot Bogor Cabut Izin Usaha Kafe Elvis Eks Holywings!

M Solihin - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 14:40 WIB
Wali Kota Bogor Bima Arya sidak ke Elvis di Jl Raya Pajajaran, Bogor untuk mengecek promo minuman untuk Muhammad dan Maria.
Wali Kota Bogor Bima Arya sidak ke Elvis di Jl Raya Pajajaran, Bogor untuk mengecek promo minuman untuk 'Muhammad' dan 'Maria'. (Foto: Tangkapa layar video/dok. Pemkot Bogor)
Bogor -

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mencabut izin operasional dan izin usaha Kafe Elvis yang sebelumnya bernama Holywings di Jl Pajajaran, Kota Bogor. Pencabutan izin dilakukan karena didapati bukti kuat dan pelanggaran berat yang dilakukan Kafe Elvis.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan pencabutan izin operasional dan izin usaha Kafe Elvis diputuskan berdasarkan hasil rapat gabungan antar-dinas terkait di Pemkot Bogor. Keputusan itu kemudian menjadi rekomendasi untuk Pemprov Jabar.

"Saya sudah mendapat laporan, bahwa hasil rapat dinas terkait, ini menemukan bukti-bukti yang cukup kuat dan pelanggaran berat," kata Bima Arya kepada wartawan di Pemkot Bogor, Jumat (1/7/2022).

"Kemudian kami memutuskan mencabut semua izin operasional dan izin usaha, sehingga (Kafe Elvis) tidak bisa beroperasi lagi," tambahnya.

Bima menyebut surat rekomendasi pencabutan izin operasional dan izin usaha Kafe Elvis yang sebelumnya bernama Holywings itu sudah diajukan ke Provinsi Jawa Barat, sebagai pihak yang mengeluarkan izin usaha untuk bar dan tempat minum bagi Holywings.

"Sekarang masih proses, karena baru kemarin selesai rapatnya. Suratnya (rekomendasi pencabutan izin usaha dan operasional) sudah kita kirim kemarin (ke Pemprov Jabar). Saya kira provinsi akan sejalan, karena Pak Gubernur juga sama arahnya," kata Bima.

Bima mengatakan pelanggaran berat yang dilakukan Kafe Elvis yakni, menjual alkohol di atas 5 persen. Kemudian, penggantian nama kafe dari Holywings menjadi Elvis dianggap tidak sesuai prosedur yang baik dan tidak membangun situasi yang kondusif.

Selain itu, kata Bima, ditemukan juga bukti bahwa Kafe Elvis menjual minuman beralkohol di atas 40 persen dan ditemukan ratusan botol yang disimpan di dalam gudang.

"(Pelanggarannya) pertama, menjual alkohol diatas 5 persen. Kedua, proses ganti nama itu (Holywings menjadi Elvis) tidak dilakukan dengan baik. Ketiga, tidak membangun situasi yang kondusif, tidak silaturahmi dengan semua, padahal ini yang sudah dari awal kami titipkan kepada Holywings," terang Bima.

Simak juga video 'Bima Arya Bicara soal Pencabutan Izin Kafe Elvis Bogor':

[Gambas:Video 20detik]



Baca di halaman selanjutnya: Bima Arya bicara soal karyawan Elvis yang terdampak....

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT