ADVERTISEMENT

Ini Profil 9 Besar Kandidat Penerima Hoegeng Awards 2022

Farih Maulana Sidik - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 13:09 WIB
Foto AKBP Irene diambil dari menpan.go.id
9 Besar Hoegeng Awards 2022 (Foto: dok ist)

Polisi Berdedikasi

1. Anggota Satuan Polair Polres Lampung Selatan Aipda Agung Gede Asmarajaya

Aipda Agung Gede Asmarajaya menggencarkan literasi dan berperan merawat lingkungan di Lampung Selatan sudah dilakoni sejak 2012. Aksi nyata di bidang sosial dan lingkungan ini dilakoni anggota Satuan Polair Polres Lampung Selatan tersebut. Warga desa tahu betul karakter Aipda Agung yang peduli terhadap kondisi di wilayahnya.

Jangkar Pustaka adalah nama komunitas penyuluh literasi di masyarakat Lampung Selatan. Lewat Jangkar Pustaka, masyarakat berkegiatan meningkatkan minat baca dari anak-anak dan warga pada umumnya.

Ia bertekad untuk terus bisa memberi manfaat kepada masyarakat sebagai cara pengabdiannya menjadi polisi. Aipda Agung teringat atas pesan seniornya bahwa 'kita adalah apa yang sudah kita lakukan'.

2. Kanit Binmas Polsek Muara Gembong Aipda Rohimah

Di pojok utara Bekasi, ada Aipda Rohimah yang berjuang membantu kaum jompo kurang beruntung. Dia menggulirkan program Geserin.

Geserin adalah singkatan dari Gerakan Seribu Koin. Program itu digulirkan Aipda Rohimah selaku Kepala Unit Pembinaan Masyarakat (Kanit Binmas) Polsek Muara Gembong.

Geserin atau Gerakan Seribu Koin berbentuk pengumpulan koin-koin demi membantu hidup orang-orang lanjut usia di bawah garis kemiskinan. Ide ini tercetus tatkala Aipda Rohimah melihat koin tercecer di jalanan. Di sisi lain, dia juga terenyuh melihat kakek-kakek dan nenek-nenek meninggal dunia dalam kondisi sebatang kara.

Kebutuhan orang-orang sepuh dia usahakan untuk dicukupi. Bahkan dia pernah memperjuangkan kasur untuk seorang nenek yang hidup sebatang kara. Dia melakukan aksi nyata di lingkungan sosial karena dia sudah bertekad dan berjanji kepada Allah SWT.

3. Anggota Satuan Brimob Polda Sulawesi Selatan Ipda Purwanto

Polisi di Sulawesi Selatan ini mendedikasikan diri untuk membina para petani sekaligus menyalurkan hasil bumi ke seratus panti asuhan. Jasanya diingat oleh warga setempat.

Polisi itu adalah anggota Satuan Brimob Polda Sulawesi Selatan, Ipda Purwanto. Cerita soal Ipda Purwanto disampaikan oleh Jamaluddin yang merupakan warga desa Kanreapia, Kecamatan Tombolo Pao, Gowa, Sulawesi Selatan. Dia menceritakan, Ipda Purwanto telah membina kelompok tani di Kecamatan Tinggimoncong dan Kecamatan Tombolo Pao.

Jiwa sosial Ipda Purwanto dinilainya luar biasa. Ipda Purwanto yang bermarkas di Kota Makassar rela menempuh perjalanan sekitar 100 km selama tiga jam ke kampung di Gowa, demi mengurusi program kampung sayur dan distribusinya. Bahkan, Ipda Purwanto dinyatakannya merogoh kocek sendiri untuk menjalankan misinya.

Dari program 'kampung sayur', Ipda Purwanto lalu menggagas kegiatan sedekah sayur ke banyak panti asuhan kawasan Kota Makassar. Sayuran dari petani didistribusikannya supaya bermanfaat.

Ipda Purwanto rela mengorbankan waktu luangnya demi menjalankan kegiatan sosial ini. Masyarakat menjadi simpati kepadanya.


*) Acara ini adalah persembahan detikcom bekerja sama dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia dan didukung oleh R17 Group.


(fas/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT