ADVERTISEMENT

Tiada Kaitan Terorisme di Balik Sandal Mencurigakan di Lapas Wanita

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 07:20 WIB
Benda mencurigakan yang ditemukan di dekat Stasiun Palmerah, tepatnya depan Apartemen Permata Senayan, dipastikan bukan bahan peledak, Selasa (15/5/2018). Saat ini benda mencurigakan itu telah diamankan tim Gegana.
Foto: ilustrasi Gegana amankan benda diduga bom (Lamhot Aritonang/detikcom)


Sandal Mencurigakan Tak Terkait Terorisme


Penemuan bungkusan sandal mencurigakan dengan kabel-kabel di Lapas Perempuan Kelas IIA Tangerang kini sedang didalami lebih lanjut oleh polisi. Densus 88 Antiteror Polri memastikan penemuan sandal itu tidak berkaitan dengan terorisme.

"Berdasarkan hasil penyelidikan petugas Densus 88, hal ini tidak terkait dengan tindak pidana terorisme," ujar Kabag Operasional Densus 88 Kombes Aswin Siregar saat dimintai konfirmasi, Kamis (30/6/2022).

Hingga saat ini sandal mencurigakan itu diamankan oleh Tim Jibom. Sementara polisi masih menyelidiki motif pelaku kirim ancaman tersebut.

Awal Mula Penemuan Benda Mencurigakan

Tim Penjinak Bom (Jibom) sempat diturunkan ke Lapas Perempuan Kelas IIA Tangerang untuk memeriksa sandal mencurigakan tersebut pada Rabu (29/6/2022) kemarin. Hasil pemeriksaan dipastikan tidak ada bahan peledak atau bom yang terkandung pada sandal tersebut.

"Hasilnya tidak ditemukan hal-hal berkaitan bahan peledak dan lain sebagainya begitu. Tidak ada bom," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan saat dihubungi detikcom, Rabu (29/6).

Sebelumnya, Zulpan menyebutkan sandal mencurigakan itu dibawa seorang pembesuk. Hal ini diketahui bermula ketika petugas lapas melakukan pemeriksaan kepada pembesuk tersebut.

Sesuai dengan standard operating procedure (SOP), barang bawaan pembesuk wajib diperiksa. Ketika itulah ditemukan bungkusan dibawa pembesuk ini berisi sandal yang mencurigakan karena ada kabel-kabel.

"Dia ini bawa tas. Biasanya kan orang besuk ini bawa makanan, ini dibungkus kemudian dibuka (isinya) sandal dan diperiksa kok ada seperti kabel-kabelnya gitu," ujar Zulpan.


(mea/mea)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT