ADVERTISEMENT

Roy Suryo Menantikan Diperiksa sebagai Terlapor Kasus Meme Stupa

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 30 Jun 2022 22:02 WIB
Roy Suryo usai diperiksa sebagai pelapor soal postingan meme stupa di Polda Metro
Roy Suryo setelah diperiksa sebagai pelapor soal postingan meme stupa di Polda Metro. (Yogi/detikcom)

Roy Suryo mengaku telah melacak akun penyebar pertama meme stupa Candi Borobudur. Menurutnya, dia punya data lengkap soal pelaku sampai foto dan WhatsApp group-nya.

"Saya bahkan memberi petunjuk yang sangat diapresiasi oleh kepolisian dan penyidik karena saya tidak hanya menyebut nama akunnya, tidak hanya menyebut tanggal berapa dia posting, tapi melacak jejak digitalnya sehingga nama orang aslinya, akun yang pertama yang meng-upload pada tanggal 7 Juni 2022 itu sudah diketahui oleh kepolisian," ujar Roy.

"Lengkap dengan nomor teleponnya, lengkap dengan profesinya dia apa, lengkap dengan fotonya, dan lengkap dengan nama panggilan dia di dalam WhatsApp group," tambahnya.

Polisi Panggil Roy Suryo sebagai Terlapor Pekan Depan

Polisi telah meningkatkan status laporan terhadap Roy Suryo terkait dugaan penistaan agama ke tahap penyidikan. Mantan Menpora itu akan diperiksa sebagai terlapor pada pekan depan.

"Awal minggu depan akan ada pemanggilan terhadap Roy Suryo," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (30/6/2022).

Zulpan mengatakan hari ini pihaknya juga kembali memeriksa sejumlah saksi ahli. Para saksi yang diperiksa merupakan saksi ahli bahasa hingga ahli agama.

Penyidik akan mempelajari keterangan para saksi ahli tersebut. Usai merampungkan pemeriksaan saksi ahli, pemeriksaan kepada Roy Suryo baru akan dilakukan pada awal pekan depan.


(ygs/mea)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT