ADVERTISEMENT

Misi Lanjutan Jokowi Temui Putin Usai Tawarkan Bawa Pesan Zelensky

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 30 Jun 2022 20:05 WIB
Tujuan Jokowi ke Ukraina sebagai agenda kunjungan kerja. Di sana, Presiden RI Joko Widodo juga bertemu dan berbincang dengan Presiden Ukraina Volodymr Zelensky.
Jokowi bertemu dengan Zelensky. (REUTERS/UKRAINIAN PRESIDENTIAL PRESS SER)

Tanggapan Zelensky

Sementara itu, Zelensky menyampaikan apresiasinya atas kehadiran Presiden Jokowi ke Ukraina. Zelensky mengatakan kunjungan Jokowi adalah kunjungan pemimpin negara Asia pertama ke Ukraina sejak invasi.

"Terima kasih atas kehadiran Presiden Jokowi yang merupakan kunjungan pertama pemimpin Asia sejak invasi melanda Ukraina. Saya juga mengundang kalangan usaha Indonesia untuk berpartisipasi dalam rekonstruksi Ukraina pascaperang," ungkap Zelensky.

Mengenai undangan ke KTT G20 di Bali, Zelenzky mengucapkan terima kasih kepada Jokowi.

"Saya berterima kasih kepada yang mulia atas undangan Anda untuk saya hadir di KTT G20 dan saya menerima undangan tersebut," kata Zelensky.

Kendati menerima undangan Jokowi, Zelensky mengatakan kehadirannya bergantung pada dua hal. Salah satunya bergantung pada situasi keamanan Ukraina.

"Tapi kehadiran Ukraina akan bergantung terhadap situasi keamanan di negara kita dan juga komposisi partisipan yang ada di KTT tersebut," ungkapnya.

Jokowi Akan Temui Putin

Setelah bertemu dengan Zelensy, Jokowi kemudian kembali ke Polandia menggunakan kereta luar biasa. Jokowi berangkat dari Stasiun Central Kyiv, Rabu (29/6) pukul 19.00 waktu setempat.

Setelah tiba di Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia pada Kamis (30/6) waktu setempat, Jokowi dan rombongan langsung menuju Bandar Udara Internasional Rzeszow-Jasionka, Polandia untuk kemudian melanjutkan lawatannya ke Moskow, Rusia.

Pada pukul 09.00 waktu Polandia, Jokowi dan Iriana bertolak ke Moskow dari Bandar Udara Internasional Rzeszow-Jasionka. Turut mendampingi Jokowi dan Iriana dalam penerbangan ke Moskow, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Jokowi dan rombongan tiba di Moskow, Rusia sekitar pukul 11.00 waktu setempat. Jokowi akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Kremlin.

Ketibaan Jokowi di Bandara Vnukovo II di Moskow, Rusia, itu diunggah oleh Koordinator Staf Khusus Presiden RI Ari Dwipayana melalui Instagram Story-nya, Kamis (30/6). Ari Dwipayana ikut dalam rombongan Jokowi ke Moskow. Jokowi tiba ke Moskow menggunakan pesawat Garuda Indonesia GIA-1.

"Presiden Jokowi mendarat di Moskow untuk misi perdamaian," demikian tulis Ari Dwipayana dalam videonya.

Dalam video yang diunggah Ari Dwipayana, terlihat juga kibaran bendera Merah Putih menyambut kedatangan Jokowi. Bendera Merah Putih Indonesia tampak dikibarkan berdampingan dengan bendera Rusia di bandara.

Kedatangan Jokowi ini disambut pejabat Federasi Rusia, antara lain Kepala Protokol Negara Federasi Rusia Igor Viktorovich Bogdashev dan Wakil Menteri Luar Negeri Federasi Rusia Mikhail Bogdanov. Selain itu, tampak Duta Besar RI Moskow Jose Antonio Morato Tavares dan istri dan Atase Pertahanan KBRI Moskow Kolonel Budi Susilo dan istri ikut menyambut.

Dari bandara, Jokowi dan Ibu Negara Iriana beserta rombongan akan menuju hotel tempat transit sebelum menuju Kremlin untuk bertemu dengan Putin.


(lir/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT