ADVERTISEMENT

Jokowi Bertemu Zelensky di Ukraina, Ini Sederet Hal yang Dibahas

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 30 Jun 2022 11:54 WIB
Jokowi bertemu Zelensky di Kyiv, Ukraina. Seperti diketahui, Presiden Jokowi sedang melakukan kunjungan kerja ke tiga negara, yakni Jerman, Ukraina, dan Rusia.
Jokowi Bertemu Zelensky di Ukraina, Ini Sederet Hal yang Dibahas (Foto: Anadolu Agency via Getty Images/Anadolu Agency)
Jakarta -

Jokowi bertemu Zelensky di Kyiv, Ukraina. Seperti diketahui, Presiden Jokowi sedang melakukan kunjungan kerja ke tiga negara, yakni Jerman, Ukraina, dan Rusia.

Sejumlah hal menjadi poin pembahasan dalam pertemuan antara Presiden RI Joko Widodo dengan Presiden Ukraina Volodymr Zelensky. Berikut informasinya.

Jokowi Bertemu Zelensky di Istana Maryinsky

Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden Ukraina Zelensky di Istana Maryinsky, Ktiv, Ukraina. Menurut keterangan dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Jokowi dan Iriana tiba di Ukraina pada Rabu (29/8/2022) pukul 08.50 waktu setempat.

Sebelum bertemu dengan Zelensky, Jokowi sempat meninjau kondisi Apartemen Lipky. Baru setelah itu, Jokowi mengunjungi Istana Maryinsky dan tiba di sana pada Rabu pukul 15.00 waktu setempat.

Jokowi bertemu Zelensky di Kyiv, Ukraina. Seperti diketahui, Presiden Jokowi sedang melakukan kunjungan kerja ke tiga negara, yakni Jerman, Ukraina, dan Rusia.Jokowi bertemu Zelensky di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina. (Foto: via REUTERS/UKRAINIAN PRESIDENTIAL PRESS SER)

Jokowi Didampingi Menlu dan Seskab

Dalam kunjungan ke Ukraina, Jokowi ditemani dua menteri Indonesia. Mereka adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsuadi dan Sekretaris Kabinet Pramono Agung.

Kunjungan Jokowi ke Ukraina: Bentuk Kepedulian RI ke Ukraina

Jokowi berbincang-bincang dengan Zelensky di sebuah meja bundar di dalam Istana Maryinsky. Jokowi mengatakn jika kunjungannya adalah bentuk kepedulian Indonesia terhadap kondisi di Ukraina.

"Saya sampaikan ke Presiden Zelensky bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina," kata Presiden Jokowi, dikutip dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Rabu (29/6/2022).

Jokowi Tawarkan Diri Bawa Pesan Zelensky ke Putin

Setelah Ukraina, Jokowi berencana mengunjungi Rusia. Dalam hal ini, Jokowi menawarkan diri untuk menyampaikan pesan Zelensky kepada Presiden Rusia Putin.

"Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelensky untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera," kata Jokowi.

Jokowi Bahas Soal Perang

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyampaikan pentingnya Ukraina dalam rantai pasokan pangan. Semua upaya perlu dilakukan agar Ukraina dapat kembali melakukan ekspor pangan.

"Penting bagi semua pihak untuk memberikan jaminan keamanan bagi kelancaran ekspor pangan Ukraina, termasuk melalui pelabuhan laut. Saya mendukung upaya PBB dalam hal ini," ujar Jokowi.

Tak hanya dampaknya, Zelensky dan Jokowi juga membahas soal rekonstruksi setelah perang.

Selama pembicaraan, kami membahas pencabutan blokade Rusia terhadap pelabuhan Ukraina dan melanjutkan ekspor produk pertanian, serta prospek rekonstruksi pascaperang Ukraina," tulis Zelensky dalam akun Instagram miliknya @zelensky_official, Rabu (29/6/2022).

"Kami sepakat untuk meluncurkan rezim bebas visa antara negara kami," imbuhnya.

Jokowi Jadi Presiden Asia Pertama yang Datang ke Ukraina Setelah Perang

Setelah Jokowi bertemu Zelensky, ada ucapan terima kasih dari Presiden Ukraina tersebut. Zelensky mengatakan Jokowi adalah pemimpin negara Asia pertama yang mengunjungi Kyiv sejak perang antar Ukraina-Rusia terjadi.

"Terima kasih atas kunjungan pertama Presiden Indonesia ke Ukraina dalam sejarah hubungan diplomatik. Dan kunjungan pertama pemimpin negara Asia ke Kyiv sejak awal perang Rusia skala penuh," ucap Zelensky.

Simak Video 'Zelensky Terima Undangan Jokowi untuk Datang KTT G20 Bali, Tapi...':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT