ADVERTISEMENT

Misi Lanjutan Jokowi Temui Putin Usai Tawarkan Bawa Pesan Zelensky

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 30 Jun 2022 20:05 WIB
Tujuan Jokowi ke Ukraina sebagai agenda kunjungan kerja. Di sana, Presiden RI Joko Widodo juga bertemu dan berbincang dengan Presiden Ukraina Volodymr Zelensky.
Jokowi bertemu dengan Zelensky. (REUTERS/UKRAINIAN PRESIDENTIAL PRESS SER)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan misi perdamaian menemui Presiden Rusia Vladimir Putin setelah dari Ukraina. Jokowi sebelumnya menawarkan diri sebagai pembawa pesan dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelenzky ke Putin.

Berdasarkan keterangan dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Wakil Presiden, Rabu (29/6/2022), Jokowi diterima Zelenzky di Istana Istana Maryinsky, Kyiv. Jokowi menekankan bahwa kunjungannya adalah sebagai bentuk kepedulian Indonesia terhadap Ukraina.

"Saya sampaikan ke Presiden Zelensky bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina," ujar Presiden Jokowi saat menyampaikan pernyataan pers bersama Presiden Zelensky selepas pertemuan, Rabu (29/6).

Jokowi Tawarkan Diri Jadi Pembawa Pesan

Jokowi menegaskan posisi RI mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah. Jokowi juga menawarkan diri sebagai penyampai pesan.

"Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelensky untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera," imbuhnya.

Selain itu, Jokowi menyampaikan kepeduliannya terhadap dampak perang bagi kemanusiaan. Rakyat dan pemerintah Indonesia dengan kemampuan yang ada berusaha memberikan kontribusi bantuan termasuk obat-obatan dan komitmen rekonstruksi rumah sakit di sekitar Kyiv.

Jokowi juga menyampaikan pentingnya Ukraina bagi rantai pasok pangan dunia. Menurut Jokowi, semua usaha harus dilakukan agar Ukraina bisa kembali melakukan ekspor bahan pangan.

"Penting bagi semua pihak untuk memberikan jaminan keamanan bagi kelancaran ekspor pangan Ukraina, termasuk melalui pelabuhan laut. Saya mendukung upaya PBB dalam hal ini," tegasnya.

Jokowi Undang Zelensky ke G20

Dalam pertemuan itu, Jokowi kembali menyampaikan undangan secara langsung kepada Presiden Zelensky untuk berpartisipasi dalam KTT G20 di Bali pada November mendatang. Selain itu, Jokowi menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus menjalin kerja sama dengan Ukraina.

"Tahun ini adalah 30 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Ukraina. Saya menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus memperkuat kerja sama yang lebih baik," katanya.

Selengkapnya pada halaman berikutnya.

Simak Video: Jokowi Temui Zelensky di Ukraina, Ada 6 Pesan yang Disampaikan

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT