ADVERTISEMENT

4 Momen Jokowi Jadi Kepala Negara Asia Pertama Kunjungi Ukraina

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 30 Jun 2022 08:57 WIB
Jakarta -

Demi perdamaian Rusia dan Ukraina, Presiden Joko Widodo (Jokowi) terbang ke Ukraina. Jokowi menjadi kepala negara pertama dari Asia yang mengunjungi Ukraina setelah invasi.

"Jadi Presiden Jokowi adalah kepala negara pertama dari Asia dan kepala negara dari Gerakan Nonblok yang mengunjungi Ukraina. Dan yang makin istimewa kunjungan dilanjut ke Rusia," kata Koordinator Stafsus Jokowi, Ari Dwipayana, dalam akun Instagramnya seperti dilihat, Rabu (29/6/2022).

"Misi perdamaian ini adalah bagian dari tanggung jawab Indonesia sebagai negara yang memegang keketuaan G20 dan juga secara historis menjadi pendiri Gerakan Nonblok, perintis Konferensi Asia Afrika yang harus menyuarakan kepentingan negara-negara Asia-Afrika dan Amerika Latin," sambung Ari.

Untuk diketahui, sejumlah pemimpin Eropa juga sebelumnya berkunjung ke Kyiv. Mereka di antaranya Presiden Prancis Emmanuel Macron, PM Italia Mario Draghi, PM Inggris Boris Johnson, Kanselir Jerman Olaf Scholz, dan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen.

Jokowi Serukan Perdamaian

Kembali ke Ari Dwipayana. Dia mengatakan perjalanan ke Ukraina dan Rusia merupakan langkah diplomasi yang tidak mudah. Namun, kata Ari, Indonesia menunjukkan kepada dunia bahwa Jokowi tak pernah menunggu.

"Presiden datang langsung menemui pimpinan tertinggi dua negara untuk menyerukan perdamaian karena perang telah membawa korban jutaan rakyat di negara berkembang dan miskin. Krisis energi, krisis pangan dan lonjakan inflasi, telah menyebabkan banyak negara terancam menjadi negara gagal. Berhentilah berperang, seluruh dunia telah merasakan dampaknya," ujar Ari.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya:



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT