ADVERTISEMENT

Roy Suryo Diperiksa sebagai Pelapor Kasus Meme Candi Borobudur Siang Ini

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 30 Jun 2022 10:55 WIB
Eks Menpora Roy Suryo diperiksa sebagai saksi pelapor atas dugaan pencemaran nama baik. Roy Suryo turut memamerkan bukti cuitan Ferdinand Hutahaean.
Roy Suryo (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo, hari ini akan menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya. Pemeriksaan itu dalam kapasitasnya sebagai pelapor di kasus meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip Presiden Joko Widodo.

"Undangannya pukul 14.00 WIB. Ini sebagai saya yang melaporkan," kata Roy Suryo saat dihubungi, Kamis (30/6/2022).

Dalam kasus meme stupa Candi Borobudur ini ada tiga laporan polisi (LP) yang diterima pihak kepolisian. Dua LP dengan Roy Suryo sebagai terlapor dan satu LP di mana Roy Suryo sebagai pelapor.

Dalam laporannya tersebut Roy melaporkan tiga akun media sosial. Ketiga akun itu dianggapnya sebagai pengunggah pertama meme tersebut hingga tersebar di masyarakat.

Dia menambahkan sejumlah bukti terkait tindakan ketiga akun itu akan diserahkan kepada penyidik dalam pemeriksaannya siang ini.

"Karena yang kita laporkan tiga akun yang memang sudah unggah sebelumnya jadi bukti-buktinya terkait tiga akun itu. Jadi laporan ini resmi kami melaporkan tiga akun itu yang sudah lebih dulu mulu 7 Juni, tanggal 8 Juni kemudian tanggal 9 dam 10 Juni ada yang upload. Jadi mereka yang kami laporkan," katanya.

"Buktinya ada bukti screenshot, bukti url-nya juga ada. Jadi itu yang pertama kali mengunggah dan membuat ramai," lanjut Roy.

Selain itu Roy Suryo juga menanggapi status dua laporan di mana dirinya sebagai terlapor telah naik ke tingkat penyidikan. Roy mengaku tidak mempermasalahkan proses hukum yang tengah dilakukan kepolisian.

"Nggak apa-apa. Artinya saya sangat hormati dan apresiasi langkah kepolisian untuk menyelidiki semua laporan yang masuk. Jadi saya tetap apresiasi meskipun laporan kami yang duluan masuk. Nggak apa-apalah mereka diproses dulu itu kewenangannya kepolisian," jelas Roy Suryo.

Baca di halaman selanjutnya: laporan terhadap Roy Suryo naik ke penyidikan....

Simak Video 'Roy Suryo yang Lagi-lagi Dilaporkan Gegara Meme Candi Borobudur':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT