ADVERTISEMENT

Roy Suyo Akan Kooperatif Jalani Proses Hukum Terkait Postingan Meme Stupa

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 29 Jun 2022 11:58 WIB
Eks Menpora Roy Suryo diperiksa sebagai saksi pelapor atas dugaan pencemaran nama baik. Roy Suryo turut memamerkan bukti cuitan Ferdinand Hutahaean.
Roy Suryo (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Kasus unggahan meme stupa Candi Borobudur mirip Presiden Joko Widodo yang diunggah oleh Roy Suryo kini telah naik ke tingkat penyidikan. Mantan Menpora itu pun mengaku bakal bersikap kooperatif.

"Intinya saya selaku warga negara yang baik dan mengerti hukum mengapresiasi upaya kepolisian untuk mengusut tuntas kasus tersebut," kata Roy saat dihubungi, Rabu (29/6/2022).

Roy Suryo menyambut terbuka naiknya laporan yang dilayangkan perwakilan umat Buddha itu ke tingkat penyidikan. Dia menyebut hal itu akan memperjelas pihak yang memang bersalah dalam kasus tersebut.

"Kenaikan status perkara ke penyidikan adalah benar dalam rangka menyidik siapa-siapa pelaku sebenarnya secara hukum," jelas Roy.

"Makanya besok sekalian saya akan sampaikan detailnya agar masyarakat tidak diprovokasi oleh BuzzerRp dengan gorengan-gorengan yang menyesatkan," tambahnya.

Dihubungi terpisah, pengacara Roy Suryo, Pitra Romadoni, pun menyampaikan hal senada. Pitra memastikan pihaknya siap mengikuti tiap proses hukum yang saat ini sedang berjalan.

"Kita hormati keputusan tersebut," jelas Pitra. Dia menjawab soal naiknya status pelaporan Roy Suryo yang telah naik ke tingkat penyidikan.

Pitra mengaku sejauh ini pihaknya belum menemukan kejanggalan terhadap proses perjalanan kasus meme stupa Candi Borobudur yang kini telah naik ke tingkat penyidikan.

"Kita percayakan kepada penyidik. Kita yakin penyidik profesional menyikapi peristiwa tersebut," ujar Pitra.

Pelaporan ke Roy Suryo Naik Penyidikan

Kasus postingan meme stupa Candi Borobudur mirip Presiden Jokowi yang diunggah oleh Roy Suryo telah ditingkatkan ke tahap penyidikan. Kasus ini telah dilimpahkan Bareskrim Polri ke Polda Metro Jaya.

"Statusnya dari proses penyelidikannya sudah dilakukan ditingkatkan penyidikan," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Selasa (28/6).

Dedi memastikan Bareskrim menangani kasus ini secara profesional. Diketahui foto stupa tersebut diunggah melalui akun Twitter @KMRTRoySuryo2.

"Yang jelas komitmen penyidik tetap akan profesional di dalam proses penyidikan terkait menyangkut masalah pelaporan saudara RS (Roy Suryo)," katanya.

Simak Video 'Roy Suryo yang Lagi-lagi Dilaporkan Gegara Meme Candi Borobudur':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mea)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT