ADVERTISEMENT

Komitmen Kapolri Angkat ASN Perempuan hingga Polwan Naik Pangkat

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Kamis, 30 Jun 2022 09:11 WIB
Gedung Mabes Polri
Gedung Mabes Polri (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menaikkan pangkat 2 ASN perempuan Polri setara dengan bintang satu atau Brigjen. Selain itu, seorang polwan juga naik pangkat jadi bintang 2 atau Irjen.

ASN yang dinaikkan pangkat itu diungkap oleh Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo. Dedi menyebut kenaikan pangkat ASN setara dengan Brigjen ini adalah untuk pertama kalinya di lingkungan Polri.

"Yang perlu sampaikan ke temen media ini pertama kali dalam sejarah Polri, pada hari ini Bapak Kapolri juga Korps Raport kenaikan pangkat PNS Polri, yaitu golongan 4 atau setingkat bintang satu," kata Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Rabu (29/6/2022).

Adapun 2 ASN itu sebagai berikut:

1. dr Jozyta Rachman, spesialis THT
2. dr Witri Narhadiningsih, spesialis kesehatan jiwa

Kedua dokter tersebut, kata Dedi, adalah perempuan. "Untuk namanya nih dokter perempuan semua ya," katanya.

Polwan Jadi Irjen

Selain itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga menaikkan pangkat salah satu polwan menjadi irjen atau bintang dua. polwan itu adalah Irjen Juansih.

"Termasuk tadi pengukuhan untuk kenaikan pangkat Irjen Pol Juansih, polwan dengan pangkat bintang dua," ujarnya.

Polwan Jabat Kapolres

Dalam surat telegram No ST/1214/VI/KEP./2022 terdapat seorang Polwan yang diamanahkan sebagai Kapolres Bukittinggi. Ada pula seorang polwan mendapat promosi menjadi Kabag Penum Divisi Humas Polri, yaitu Kombes Nurul Azizah.

Selain itu, ada AKBP dr Siti Nur Imanta yang dipromosi sebagai Karumkit Tk 2 Bandung Polda Jabar. AKBP Titik Wahyuningsih sebagai Kabidkeu Polda Banten, Kombes Endang Sri wahyu Utami Kabidkeu Polda Bali, Kombes Heni Kresnowati Kabidkeu Polda Jabar, dan Kombes Yuliani Kabidkum Polda Banten.

Polri: Komitmen Kesetaraan Gender

Irjen Dedi Prasetyo mengatakan penempatan polwan di posisi strategis ini merupakan komitmen Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam kesetaraan gender.

"Penempatan Polwan merupakan komitmen Bapak Kapolri terhadap kesetaraan gender," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangannya, Selasa (21/6) lalu.

Dedi mengatakan Polri akan terus memberikan ruang bagi Polwan. Dia menambahkan kesetaraan gender akan terus diperjuangkan. Oleh karena itu, Dedi mengatakan sejauh ini sejumlah Polwan sudah berpangkat perwira tinggi dan menempati jabatan operasional berisiko tinggi di Polri.

Tanggapan dan harapan Komnas Perempuan pada halaman berikut.

Simak Video 'Jelang HUT Bhayangkara, Polri Ziarah Makam ke Jenderal Hoegeng':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT