ADVERTISEMENT

Kapolri Naikkan Pangkat 2 ASN Perempuan Polri Jadi Setara Brigjen

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Rabu, 29 Jun 2022 16:02 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Foto: dok. Polri)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menaikkan pangkat dua ASN Polri menjadi golongan 4 atau setara bintang 1 atau brigjen. Kenaikan ini merupakan pertama kali dilakukan Polri.

"Yang perlu sampaikan ke temen media ini pertama kali dalam sejarah Polri, pada hari ini Bapak Kapolri juga Korps Raport kenaikan pangkat PNS Polri, yaitu golongan 4 atau setingkat bintang satu," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Rabu (29/6/2022).

Adapun dua ASN itu adalah dr Jozyta Rachman, spesialis THT; dan dr Witri Narhadiningsih, spesialis kesehatan jiwa. Keduanya dokter perempuan.

"Untuk namanya nih dokter perempuan semua ya, yaitu doktor Jozyta Rachman spesialis THT, kemudian dr Witri Narhadiningsih, spesialis kesehatan jiwa," katanya.

Selain itu, Dedi mengatakan Sigit menaikkan pangkat salah satu Polwan menjadi irjen atau bintang dua. Polwan itu adalah Irjen Juansih.

"Termasuk tadi pengukuhan untuk kenaikan pangkat Irjen Pol Juansih, polwan dengan pangkat bintang dua," ujarnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi melantik Kapolda Lampung Irjen Akhmad Wiyagus. Sigit juga melantik Kapolda Gorontalo Irjen Helmi Santika dan Kapolda Papua Barat Irjen Daniel Tahi Silitonga.

"Pada hari ini Bapak Kapolri melantik jabatan untuk Pak Dankorbrimob, kemudian Kapusdokkes, dan juga melantik Kapolda. Serah terima Kapolda Lampung, kemudian Kapolda Gorontalo, dan Kapolda Papua Barat," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Rabu (29/6).

Dedi mengatakan ada juga pelantikan kenaikan pangkat dengan beberapa golongan. Pertama, Dankorbrimob menjadi bintang tiga atau komjen. Kemudian, ada enam perwira tinggi (pati) yang naik pangkat menjadi Irjen dan delapan pati yang menjadi brigjen.

"Selain melantik, serah terima, juga melaksanakan Korps Raport kenaikan pangkat untuk beberapa golongan pangkat. Saya sebutkan saja ya, untuk pati Polri ada 15. Kemudian, rinciannya satu komjen ini Pak Dankorbrimob, kemudian dua Irjen atau pati bintang dua, kemudian 8 brigjen," kata Dedi.

Simak juga Video: Komisi II soal Pemekaran Papua: Warga Lokal Ingin Ada Peluang Jadi ASN

[Gambas:Video 20detik]




(azh/lir)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT