ADVERTISEMENT

Anggota DPR: Kunjungan Jokowi Bisa Bikin Ukraina-Rusia Cari Jalan Damai

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 30 Jun 2022 09:06 WIB
Bobby Adhityo Rizaldi (Dok. Pribadi).
Bobby Adhityo Rizaldi (Dok. Pribadi).
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi mengunjungi Ukraina dan Rusia. Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizal menilai kunjungan Jokowi jadi peluang Rusia dan Ukraina menahan diri.

"Presiden Jokowi selain memberikan bantuan kemanusiaan kepada Ukraina, juga memberikan dukungan agar Ukraina mendukung segala bentuk upaya untuk menghentikan perang dengan jalan damai," kata Bobby kepada wartawan, Rabu (29/6/2022).

Kunjungan Jokowi ke Ukraina ini pun dinilai Bobby berbeda dengan kunjungan Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson. Bedanya, menurut Bobby, Jokowi membawa misi damai, sedangkan Boris terkesan ingin melanjutkan perang.

"Ini yang berbeda dengan Boris, PM Inggris, yang sebaliknya memberikan dukungan macam-macam untuk melanjutkan perang sampai Rusia berhenti," ujarnya.

Oleh sebab itu, kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia ini, Bobby menyebut dapat menjadi titik awal Ukraina dan Rusia saling menahan diri. Ketimbang, provokasi pihak ketiga agar perang berlanjut.

"Besar kemungkinan, perdamaian antardua negara tersebut belum dapat tercapai, akan tetapi bisa menjadi tahapan awal bagi kedua negara untuk saling menahan diri dan mencari jalan selain perang, bukan provokasi untuk melanjutkan perang. Semoga Bapak Presiden kembali dengan selamat dari sana," imbuhnya.

Harapan Jokowi di Ukraina

Jokowi berharap perang di Ukraina segera dihentikan, harapan itu disampaikan melalui akun Instagram-nya, Rabu (29/6). Jokowi turut mengunggah momen saat dirinya meninjau Apartemen Lipky yang hancur akibat perang di Kota Irpin.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Saksikan Video 'Zelensky Terima Undangan Jokowi untuk Datang KTT G20 Bali, Tapi...':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT