ADVERTISEMENT

Viral Rumput Rusak Usai Konser Musik, Ini Kata Pengelola Kebun Raya Bogor

Muchamad Sholihin - detikNews
Rabu, 29 Jun 2022 21:57 WIB
Viral rumput di Kebun Raya Bogor rusak usai konser musik
Viral rumput di Kebun Raya Bogor rusak seusai konser musik. (Foto: dok. Istimewa)

Jaenal menegaskan konser musik digelar di Kebun Raya Bogor menjadi peluang untuk mengenalkan Kebun Raya Bogor dan konservasi kepada kalangan muda. Ia mengklaim kunjungan anak muda ke Kebun Raya Bogor meningkat pascakonser.

"Buat kita itu bukan musiknya yang utama, tetapi pesan konservasinya. Artinya kita kenalkan Kebun Raya itu kepada anak-anak muda, mengenalkan konservasi kepada masyarakat," kata Jaenal.

"Ternyata kegiatan itu juga berdampak, karena 2-3 hari setelah konser, sampai hari ini itu banyak banget anak anak muda datang ke Kebun Raya, sebenarnya pesan itu yang ingin kami sampaikan," tambahnya.

Jaenal menyebut lokasi konser merupakan lokasi yang sejak lama dijadikan lokasi kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak orang. Seperti santunan, gathering, dan kegiatan lainnya. Setiap selesai kegiatan, maka selalu berdampak pada kerusakan rumput. Namun, menurut Jaenal, perawatan dan perbaikan selalu dilakukan sehingga rumput selalu tumbuh dengan baik.

"Kalau rumput, setiap hari itu memang selalu ada yang rusak dan kita selalu perbaiki, ada kegiatan setiap hari. Cuma kemarin itu karena hujan, dan banyak orang gitu kan, ya akhirnya becek. Setiap selesai konser kita selalu perbaiki itu. Kita lakukan penyiraman, kita bersihkan rumput yang kotor karena tanah," kata Jaenal.

"Kemudian, untuk di situ memang lokasi itu dulu lapangan bola dan sejak dulu biasa digunakan untuk acara-acara. Sebelumnya, acara-acara dilaksanakan di situ, event seribu anak yatim, event yang melibatkan banyak orang, kayak gathering juga. Setelah kegiatan ya pasti rumputnya ya memang begitu, rusak. Selalu begitu setiap ada event, tapi kan selalu ada perbaikan," tambahnya.


(lir/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT