ADVERTISEMENT

Viral Rumput Rusak Usai Konser Musik, Ini Kata Pengelola Kebun Raya Bogor

Muchamad Sholihin - detikNews
Rabu, 29 Jun 2022 21:57 WIB
Viral rumput di Kebun Raya Bogor rusak usai konser musik
Viral rumput di Kebun Raya Bogor rusak seusai konser musik. (Foto: dok. Istimewa)
Bogor -

Konser musik yang digelar dalam area Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, menuai kritik karena merusak rumput, viral di media sosial. Pihak pengelola Kebun Raya Bogor pun buka suara.

Kritik mengenai rumput rusak seusai konser musik di Kebun Raya Bogor ini awalnya disampaikan oleh salah satu pengguna Facebook. Pemilik akun mengkritik gelaran konser musik karena dia menilai Kebun Raya Bogor adalah area yang sakral.

"Yth Pak Presiden Joko Widodo sebagai pendukung setia Bapak, di mana Bapak pun tinggal tidak jauh dari Kebun Raya Bogor yang mana secara sejarah merupakan tempat dahulunya sangat disakralkan sebagai Hutan Samida, Taman dan Kebunnya Para Raja, yang mana spirit mereka pun masih tetap hadir di sana," tulis akun bernama Mang Asep Kabayan dalam media sosial Facebook seperti dilihat detikcom, Rabu (29/6/2022).

Dalam unggahan itu, pemilik akun juga memposting foto-foto kondisi rumput Kebun Raya Bogor yang disebutnya difoto itu diambil pada Minggu (26/6) atau sehari setelah konser musik digelar.

"Mohon Pak, hentikan kegiatan brutal perusakan Kebun Raja, Kebun Raya Bogor ini dengan kegiatan konser yang sangat tidak sesuai dengan spirit dan nilai-nilai sejarah, budaya, dan kearifan leluhur yang ada disana. Punten Pak, segera ditegur keras ini pengelola yang sangat tidak memahami fungsi dan kearifan Kebun Raya Bogor," tulisnya lagi.

Pengelola Buka Suara

General Manager Corporation Communication dan Security PT MNR Jaenal Arifiin mengatakan pada dasarnya konser itu digelar oleh pihak lain. Sebelum konser digelar, ia juga meminta penonton tetap menjaga konservasi di Kebun Raya Bogor.

"Bukan kita penyelenggaranya, bukan Kebun Raya. Kita hanya sediakan tempat. Kita secara preventif juga sudah kita ingatkan supaya menjaga rumput, meminta penonton tidak berdiri dan tetap menjaga konservasi," kata Jaenal ketika dimintai konfirmasi, Rabu (39/6).

"Sebetulnya ketika kegiatan itu si EO itu sudah mengingatkan, cuma karena hujan, akhirnya kan kotor, tanahnya itu kan. Kita juga selalu ingatkan, misalnya penontonnya duduk, pesan konservasi disampaikan, kemudian pembagian bibit benih," tambahnya.

Untuk diketahui, PT MNR merupakan pihak swasta yang mengelola Kebun Raya Bogor. Saat ini, lanjut Jaenal, kondisi yang sebelumnya rumput yang tampak layu dan rusak berwarna kuning, kini sudah kembali hijau dan baik.

"Lagi pula kondisinya sekarang rumput sudah kita perbaiki ya, sudah bersih lagi. Kemarin itu kotor kan karena di lokasi hujan, banyak tanah menempel di sepatu penonton dan tertinggal ketika menginjak rumput. Sekarang sudah bagus lagi rumputnya," klaimnya.

Selengkapnya pada halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT