Waka Komisi VIII DPR Soroti 3 Hal Ini Jika Embarkasi Haji Hanya di Aceh

ADVERTISEMENT

Waka Komisi VIII DPR Soroti 3 Hal Ini Jika Embarkasi Haji Hanya di Aceh

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Rabu, 29 Jun 2022 17:39 WIB
Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily
Foto: Ace Hasan Syadzily. (dok. DPR)

Poin ketiga yang disoroti Ace terkait biaya transportasi calon haji apabila harus transit lebih dulu di Aceh. Menurut Ace, harus dihitung apakah lebih efisien atau tidak.

"Ketiga, tentu kita harus hitung biaya transportasi udara dari seluruh daerah dan transit di Aceh, apakah lebih efisien langsung terbang dari Jakarta ke Jeddah atau transit dulu di Aceh? Kan harus dikaji hal-hal seperti itu," katanya.

Sebelumnya, Sufmi Dasco Ahmad mengusulkan Aceh menjadi satu-satunya embarkasi haji dalam memberangkatkan calon jemaah asal Indonesia ke Arab Saudi pada tahun berikutnya. Dasco menyebut ada sejumlah alasan yang patut dipertimbangkan soal usulannya.

"Jarak tempuh hanya 6 jam (dari Aceh ke Arab Saudi), kemudian secara historis, kita semua kan tahu, Aceh itu dikenal dengan Serambi Mekah," kata Dasco dalam keterangan tertulis 'Sufmi Dasco Usul Aceh Serambi Mekah Jadi Satu-satunya Embarkasi', Rabu (29/6).

"Sehingga, secara pembiayaan, tidak terlalu memberatkan bagi jemaah haji. Namun tetap dengan pelayanan yang berkualitas dan optimal," kata Dasco.


(fca/zak)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT