ADVERTISEMENT

Ancaman Pidana Pengamen Ancam Bakar Rumah Gegara Ditegur Main Gitar

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 28 Jun 2022 21:31 WIB
Garis polisi, police line. Rachman Haryanto /ilustrasi/detikfoto
Ilustrasi Garis Polisi (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Pengamen berinisial N (16) hendak membakar rumah gegara ditegur main gitar. Dia telah menjadi tersangka dan terancam hukuman pidana.

Anak baru gede (ABG) itu telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Polsek Jatinegara, Jakarta Timur. Dia dikenai Pasal 187 KUHP soal dengan sengaja membakar.

"Pasal (yang disangkakan) 187 KUHP dengan ancaman maksimal 12 tahun," kata Kapolsek Jatinegra Kompol Entong Raharja kepada wartawan, Selasa (28/6/2022).

Bunyi dari Pasal 187 KUHP adalah:

Barangsiapa dengan sengaja membakar, menjadikan letusan atau mengakibatkan kebanjiran, dihukum:

1e. penjara selama-lamanya dua belas tahun, jika perbuatan itu dapat mendatangkan bahaya umum bagi barang;

2e. penjara selama-lamanya lima belas tahun, jika perbuatannya itu dapat mendatangkan bahaya maut bagi orang lain;

3e. penjara seumur hidup atau penjara sementara selama-lamanya dua puluh tahun, jika perbuatannya itu dapat mendatangkan bahaya maut bagi orang lain dan ada orang mati akibat perbuatan itu

Polisi menjelaskan, N tidak dalam pengaruh alkohol saat melakukan tindakannya. N dalam posisi sadar saat berniat untuk membakar rumah kontrakannya itu.

"Dalam hal ini, si pelaku dalam melakukan kejahatannya dalam keadaan sadar, tidak dipengaruhi oleh alkohol, atau obat-obat lain. Rumah yang dibakar atau kontrakannya," kata Entong.

Dua Kali Beraksi

Polisi mengungkap, N tak hanya sekali hendak membakar rumah warga di Cipinang Muara, Jaktim. N pernah sekali mencoba untuk membakar rumah warga.

"Dia ini pengamen. Kejadian tersebut sudah yang kedua kalinya," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur AKBP Ahsanul Muqaffi saat dimintai konfirmasi, Senin (27/6/2022).

Namun Ahsanul belum merinci terkait aksi yang dilakukan pelaku sebelumnya. Namun dia menegaskan motif pelaku hendak bakar rumah di kejadian sebelumnya juga sama, yakni karena sakit hati.

"Iya (motif sakit hati)," singkatnya.

Aksi kedua yang dilakukan pelaku pada Minggu (26/6) kemarin. ABG hendak membakar rumah gegara sakit hati ditegur main gitar.

"Hasil penyidikan, pelaku merasa kesal kepada korban karena pelaku sering dimarahi karena sering main gitar di rumah kontrakan yg dihuni pelaku," ujarnya.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT