ADVERTISEMENT

Kena Tegur Saat Main Gitar, Pengamen Hampir Bikin Rumah Terbakar

Tim detikcom - detikNews
Senin, 27 Jun 2022 22:35 WIB
Garis polisi, police line. Rachman Haryanto /ilustrasi/detikfoto
Ilustrasi police line (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Seorang remaja putra berinisial N (16) ditangkap polisi setelah mencoba membakar rumah warga di Cipinang Muara, Jatinegara, Jakarta Selatan. Pelaku yang merupakan pengamen itu berdalih sakit hati lantaran ditegur saat main gitar.

Aksi pelaku ini terjadi pada Minggu (26/6) kemarin. Pelaku diamankan warga setelah mencoba bakar rumah dengan sehelai kain gendongan.

Beruntung, aksi pelaku diketahui warga sehingga api tidak menjalar ke mana-mana. Hanya bagian pintu depan rumah saja yang terbakar. Rumah yang hendak dibakar adalah kontrakan yang dihuni pelaku.

Viral di Media Sosial

Aksi pelaku ini viral di media sosial. Dalam video yang beredar, terlihat seorang remaja mengenakan baju berwarna oranye dan celana hitam pendek diamankan di kantor Sekretariat RW 14.

Dalam keterangan video tersebut, dijelaskan bahwa pelaku membakar rumah warga dengan karena suruhan seorang pria berinisial J. Disebutkan, pelaku juga dibayar Rp 150 ribu untuk melakukan tindakan tersebut.

"Sudah (membakar rumah korban di bagian pintu). Dengan cara membakar kain gendongan bayi terlebih dahulu sebelum melakukan pembakaran," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur AKBP Ahsanul Muqaffi saat dihubungi detikcom, Senin (26/6/2022).

Pelaku Berdalih Sakit Hati Ditegur

Polisi menyebut narasi bahwa pelaku diberi imbalan Rp 150 ribu oleh pria J tidak benar. Polisi mengatakan pelaku hendak membakar rumah warga karena sakit hati ditegur.

"Nggak benar (motif pelaku dibayar). Informasinya karena sakit hati," kata Ahsanul saat dimintai konfirmasi, Senin (27/6/2022).

Berdasarkan hasil penyelidikan pihak kepolisian, Ahsanul menuturkan pelaku kesal lantaran ditegur saat bermain gitar di kediamannya.

"Hasil penyidikan, pelaku merasa kesal kepada korban karena pelaku sering dimarahi, karena sering main gitar di rumah kontrakan yang dihuni pelaku," tuturnya.


Baca di halaman selanjutnya: ulah pelaku sudah kedua kalinya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT