ADVERTISEMENT

PBNU Akan Kaji Ganja untuk Medis dari Sisi Kesehatan dan Hukum Agama

Anggi Muliawati - detikNews
Selasa, 28 Jun 2022 17:05 WIB
Viral ibu di CFD memperjuangkan pelegalan ganja medis disamperin Andien Aisyah
Ibu Santi memperjuangkan ganja medis untuk pengobatan anak yang mengalami kelumpuhan otak (cerebral palsy). (Dok. Twitter @andienaisyah, atas izin yang bersangkutan)
Jakarta -

Aksi seorang ibu yang memperjuangkan penggunaan ganja medis untuk pengobatan anaknya ramai dibahas. Menanggapi hal itu, Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf mengaku akan mendengarkan penjelasan ahli kesehatan terlebih dahulu.

"Ya kalau itu, sih, kita harus dengarkan dulu apa kata para ahli kesehatan soal ini, ya," kata Gus Yahya di Kantor PBNU, Senen, Jakarta Pusat, Selasa (28/6/2022).

Menurutnya, setelah ada keputusan dari ahli kesehatan, pihaknya baru akan membicarakan dari sisi agama. Dia menyebut akan berkoordinasi dengan Bahtsul Masail terkait legalitas ganja medis.

Bahtsul Masail adalah lembaga NU yang membidangi pengkajian masalah-masalah keagamaan.

"Kita kan cara kita menyikapi masalah secara keagamaan itu kita harus tahu seluk beluk masalahnya seperti apa, baru kita sikapi, nanti akan saya minta ke lembaga Bahtsul Masail untuk bicarakan soal ini," katanya.

Gus Yahya mengatakan, setelah koordinasi tersebut, pihaknya baru akan mengeluarkan pedoman terkait ganja medis. Menurutnya, hal itu sama seperti pada saat wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Iya nanti (keluar pedoman) seperti biasa kan, NU ini soal PMK kemarin ya kita undang ahli dokter ahli tentang ini penyakit ini, apa saja akibatnya dan sebagainya, lalu kita bicarakan pandangan oke-nya seperti apa," katanya.

Ibu Santi Perjuangkan Ganja Medis untuk Anak

Sebelumnya, kisah Santi Warastuti yang memperjuangkan penggunaan ganja medis untuk pengobatan anaknya kini menggema hingga Senayan. Kepada Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, Santi menyampaikan perjuangannya selama bertahun-tahun agar anaknya sembuh dari penyakit cerebral palsy.

Simak video 'Perjuangan Ibu Santi Minta Dibuatkan Regulasi Ganja Medis':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT