ADVERTISEMENT

Tepis Edy Mulyadi, Saksi Sebut Wilayah Inti IKN Tak Ada Lubang Tambang

Zunita Putri - detikNews
Selasa, 28 Jun 2022 15:02 WIB
Sidang Edy Mulyadi (Zunita-detikcom)
Sidang Edy Mulyadi (Zunita/detikcom)
Jakarta -

Inspektur tambang pada Ditjen Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM Kalimantan Timur Mei Chidayanto menepis pernyataan Edy Mulyadi yang menyebut banyak lubang tambang di lokasi Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur. Menurutnya, lokasi IKN tidak ada aktivitas pertambangan.

Hal itu disampaikan Mei saat bersaksi dalam sidang lanjutan Edy Mulyadi di PN Jakarta Pusat, Jalan Bungur Besar Raya, Selasa (28/6/2022). Mei membantah keterangan Edy dalam video berjudul Tolak Pemindahan Ibu Kota Negara Proyek Oligarki Merampok Uang Rakyat' yang ditayangkan di YouTube Bang Edy Channel, di mana dalam video itu Edy menyebut ada banyak lubang tambang di wilayah IKN yang dia kutip dari laporan Walhi.

"Terdakwa bilang ada lubang tambang di lokasi IKN di ring 1. Saksi tahu?" tanya jaksa Paris Manalu di sidang.

"Istilah ring 1 ring 2 saya tidak tahu lokasinya di mana. Tapi saya tetap berpegang pada peta yang dikasih Bappeda, jadi di situ ada pusat pemerintahan. Karena saya fokus di (wilayah IKN) pusat pemerintahan, tidak ada lubang tambang," jawab Mei.

Mei juga mengaku tidak pernah dengar informasi mengenai adanya limbah B3 di lokasi IKN. Dia juga tidak pernah mendengar informasi masyarakat di wilayah IKN yang keracunan karena limbah B3 sebagaimana dikatakan Edy.

"Kalau seputar Kaltim belum pernah dengar," katanya.

Dalam berita acara pemeriksaan (BAP), Mei juga menyebut pernyataan Edy Mulyadi berlebihan. Sebab, dia mengatakan, berdasarkan pantauannya menggunakan citra satelit dan laporan di kantornya, tidak ada kegiatan pertambangan di lokasi IKN.

"(Alasan katakan Edy berlebihan) pertama, istilah ring 1 dan ring 2 saya nggak paham. Karena di peta itu wilayah inti pemerintahan, pemerintahan, sama wilayah pengembangan. Apakah ring itu yang dimaksud, saya nggak tahu, karena saya pegangannya peta. Kedua, berlebihan itu di void bekas lubang tambang itu kalau saya fokusnya di wilayah inti (IKN) tuh belum ada kegiatan," paparnya.

Simak juga video 'Alasan Saksi Laporkan Edy Mulyadi ke Polisi: Hindari Hukum Adat':

[Gambas:Video 20detik]



Hakim sempat ragukan keterangan saksi, simak halaman selanjutnya



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT